BPTP Kep. Bangka Belitung berasama Bupati Bangka, Mulkan.
BPTP Kep. Bangka Belitung berasama Bupati Bangka, Mulkan. ( bangka.go.id)

Bahas Peningkatan Potensi Pertanian, BPTP Babel Gelar Audiensi dengan Bupati Bangka

20 Juli 2020 20:36 WIB

SonoraBangka.ID - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar audiensi dengan Bupati Bangka, Mulkan, S.H., M.H., Senin (20/07/2020).

Kegiatan audiensi tersebut berlangsung di ruang kerja  Bupati Bangka dan membahas serangkaian upaya terkait peningkatan potensi pertanian di daerah.

Bupati Bangka, Mulkan, menyambut baik kunjungan tim dari BPTP dalam kegiatan tersebut.

Ia menyampaikan, upaya tersebut menjadi pendukung inovasi yang memakai istilah Abang Timah untuk Bu Disa (Lahan Bekas Tambang Timah untuk Budidaya Padi Sawah).

"Kami menyambut baik kedatangan tim dari BPTP ini, karena PPL yang kami miliki harus melayani 62 Desa dan 8 Kecamatan, ini sangat berat bahkan sampai 19 Kelurahan yang harus mereka layani. Dengan bantuan bapak-bapak dari BPTP inilah merupakan langkah kita kedepan sesuai dengan persentasi kita terhadap inovasi Abang Timah untuk Bu Disa," ungkap Mulkan.

Oleh karena itu, Mulkan berharap melalui serangkaian upaya yang dilakukan ini, nantinya dapat membuat Bangka menjadi Kabupaten swasembada pangan.

"Mudah-mudahan ini merupakan langkah pertama, semoga ini menjadi kenyataan bagi kita bahwa apa yang disampaikan Kepala Bappeda kemarin, 10 tahun kedepan kita akan mengalami swasembada pangan," ujar Mulkan.

Sementara itu, Kepala BPTP Prov Babel, Suharyanto mengatakan, pihaknya melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah melakukan riset terkait pemanfaatan lahan eks tambang Timah. Dirinya menjelaskan pendekatakan yang dilakukan dengan mengacu pada sistem integrasi tanaman dan ternak.

"Kita di Kementerian Pertanian khususnya Badan Litbang sudah melakukan berbagai riset penilitian terhadap lahan eks tambang, yaitu paling tidak pendekatannya dengan menggunakan pendekatan sistem integrasi tananan dan ternak," kata Suharyanto usai audiensi.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm