Ilustrasi
Ilustrasi ( today.line.me)

Mengenal Jenis Bumbu Dasar Masakan Indonesia Agar Praktis Memasak

21 Juli 2020 14:49 WIB

SonoraBangka.id - Masakan Indonesia biasanya menggunakan bumbu dasar yang sama. Kamu bisa menghemat tenaga dan waktu memasak dengan cara membuat stok bumbu dasar. Stefu Santoso selaku  Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group mengatakan bahwa “Makanan Indonesia bumbu dasarnya biasanya cuman tiga. Bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar merah, biasanya komposisinya hanya bawang merah, bawang putih, kemiri. Rata-rata (masakan Indonesia) pakai itu. Bikin banyak (bumbu dasar putih), lalu bekukan,” kata Stefu. Dengan demikian kamu bisa menghemat waktu dalam memasak.

Untuk menyesuaikan bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat masakan tersebut,kamu bisa menambahkan bumbu dan rempah lain ke dalam bumbu dasar putih. Stefu mencontohkan, bumbu dasar putih bisa digunakan untuk membuat opor ayam. Lalu jika ingin membuat opor ayam kuning misalnya, kamu tinggal menambahkan kunyit saja pada campuran bumbu dasar putih tersebut. “Bumbu dasar kuning tinggal tambah kunyit giling ke bumbu dasar putih. Rendang misalnya, pakai bumbu merah dan putih ditambah kunyit, lengkuas, jahe, dan rempah-rempah,” jelas Stefu. “Kalau bumbu merah, dari bumbu putih tinggal tambah cabai giling saja,” lanjutnya.

Bumbu dasar putih bisa kamu buat dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan dan digunakan di lain hari . Kamu bisa menghemat waktu dan tenaga dalam memasak, sehingga tak perlu membuat ulang bumbu dasar setiap kali akan memasak. Jika ingin menyimpan bumbu dasar agar awet, sebaiknya goreng dahulu bumbu dapur sebelum dihaluskan. Setelah digoreng sebentar, haluskan bumbu lalu tumis dengan minyak panas sampai matang.

Dinginkan bumbu yang sudah matang tersebut, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup kedap udara atau plastik. Kemudian simpan dalam freezer sehingga bumbu jadi beku. Dengan begitu bumbu akan bisa tahan beberapa minggu lamanya. Kamu tinggal mencairkan sesuai jumlah yang diinginkan setiap kali akan menggunakan bumbu tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jenis Bumbu Dasar Indonesia, Bisa Jadi Stok agar Masak Tambah Praktis ", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/20/210600575/jenis-bumbu-dasar-indonesia-bisa-jadi-stok-agar-masak-tambah-praktis?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm