Ilustrasi kentang beku digoreng di air fryer.
Ilustrasi kentang beku digoreng di air fryer. ( SHUTTERSTOCK/LIDIASILVA)

Berikut Tips Mengolah Kentang Beku Camilan Hemat Dan Praktis

21 Juli 2020 16:33 WIB

SonoraBangka.id - Menstok kentang beku yang sudah diiris jadi alternatif hemat dan praktis bagi para pencinta french fries. Anda tinggal keluarkan kentang beku dari freezer dan goreng jika ingin ngemil, Tidak perlu juga mengeluarkan uang lebih untuk beli di restoran cepat saji. Rasa kentang goreng beku juga bisa seperti yang kamu beli di restoran.  Melansir dari Insider, berikut ini tips mengolah kentang beku agar terasa lebih enak dari chef dan culinary director Potatoes USA, RJ Harvey.

1. Jangan cair kentang sebelum siap dimasak

Jangan biarkan kentang beku mencair sebelum dimasak. Untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik,. Selain itu,  pastikan  oven sudah cukup panas, sebelum memasukkan kentang ke dalam oven. Oven yang sudah panas akan membuat kentang goreng renyah bagian luar dan lembut bagian dalam.

2. Tambahkan saus pedas atau acar

Cobalah untuk menambahkan bahan bercita rasa asam seperti jus, cuka, acar, saus pedas.  Namun, jangan berlebihan dalam menambahkannya karena akan menyebabkan kentang menjadi lembek. Bahan itu akan memperkaya cita rasa kentang goreng. Cukup tambahkan secukupnya setelah kentang matang dari oven.

3. Panggang di atas rak terbuka

Memasak kentang goreng di atas loyang adalah hal yang biasa dilakukan, sebaiknya kentang dimasak di atas rak oven terbuka. Dengan cara itu kentang akan masak merata serta berwarna emas kecoklatan.

4. Gunakan air fryer

Seorang koki pribadi pendiri Create Hospitality Lauren Koeppe, mengatakan bahwa menggunakan penggoreng udara akan menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah. Atur suhu air fryer sekitar 204 derajat celsius (400 derajat fahrenheit), masak kentang selama 12-14 menit. Pada menit ke 5-6 keluarkan kentang dan sebarkan agar hasil matang merata.

5. Tambah garam saat kentang masih panas

Agar kentang lebih berasa, kamu bisa menambahkan garam sabagai bumbu. Penambahan garam harus dilakukan di waktu yang tepat agar garam menempel di kentang. Waktu yang tepat untuk membumbui adalah ketika kentang baru matang, dalam keadaan panas segera tambahkan garam. Garam yang digunakan, sebaiknya garam halus, sebab jenis ini akan lebih mudah menempel dibanding jenis garam kasar. Kamu juga bisa menambahkan bumbu rempah sebagai variasi rasa selain asin.

6. Goreng satu pack kentang bekuJika ingin memasak kentang beku, sebaiknya jangan tinggalkan sisa di dalam kantung, karena akan akan muncul kristal es pada kentang sisa. Hal itu akan mengurangi rasa kentang goreng. Jika masih bersisa, lebih baik simpan kentang di wadah yang tertutup rapat, sehingga kristal es tidak akan muncul di permukaan kentang.

7. Tambah topping

Kentang goreng bisa kamu jadikan sebagai hidangan utama, dengan menambahkan aneka topping seperti keju mozarrella, saus, dan sebagainya. Kalau ingin menu yang lebih praktis, cukup tambahkan daun bawang cincang dan parutan keju cheddar di atasnya. Tak jarang kentang goreng disajikan sebagai menu sarapan karena proses memasak yang simpel. Kamu bisa sajikan kentang goreng sebagai menu sarapan, yakni dengan cara potong dadu kentang kemudian masak hingga renyah dan tambahkan bahan lain sebagai pelengkap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Olah Kentang Goreng Beku ala Restoran, Ide Camilan Praktis", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/102000775/7-cara-olah-kentang-goreng-beku-ala-restoran-ide-camilan-praktis?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm