Tangkap layar video, Evakuasi ABK Kapal KM Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Indonesia, mengalami kebakaran di perairan laut jawa, Selasa (21/7/2020) sore.
Tangkap layar video, Evakuasi ABK Kapal KM Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Indonesia, mengalami kebakaran di perairan laut jawa, Selasa (21/7/2020) sore. ( Ist/ Basarnas Babel)

Kapal Bahari Indonesia Terbakar, Semua ABK Berhasil Dievakuasi

22 Juli 2020 14:03 WIB

SonoraBangka.ID - Kapal Motor Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Indonesia terbakar di sekitar Laut Jawa pada Selasa, (21/7/2020) sore.

KM Bahari Indonesia mengalami kebakaran tepat pada posisi 04 10 30 S - 107 09 47 E dan ada 26 orang termasuk nahkoda yang ikut dalam kapal tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang (Basarnas Babel) Fazzli, pada Rabu (22/7/2020) seperti dikutip dari Bangkapos.com

Basarnas Babel menerima informasi ini dari PT. Fajar Bahari Indonesia, Selasa (21/7/2020) sekitar pukul 16.00 WIB bahwa pada 15.30 WIB Kapal Bahari Indonesia mengalami kebakaran di Laut Jawa dengan rute kapal dari Tanjung Periok ke Pontianak.

"Informasi tersebut didapatkan dari nahkoda kapal yang terjadi kebakaran api yang berasal dari kendaraan yang dibawakan dan membakar main deck (tempat penyimpanan atau membawa kendaraan)," kata Fazzli, Rabu (22/7/2020).

Tangkap layar video, Evakuasi ABK Kapal KM Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Indonesia, mengalami kebakaran di perairan laut jawa, Selasa (21/7/2020) sore.
Evakuasi ABK Kapal KM Bahari Indonesia milik PT. Fajar Bahari Indonesia, mengalami kebakaran di perairan laut jawa, Selasa (21/7/2020) sore. (Ist / Basarnas Babel.)

Fazzli menuturkan, pihaknya telah mengambil tindakan menghubungi instansi terkait, agen kapal, serta nomor satelite pada kapal.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan Kapal KN Karna untuk evakuasi para korban.

Meskipun dalam penunjukan SAR Mission Cordinator yaitu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jakarta yang telah mengerahkan KN SAR Wisnu ke lokasi.

Namun, KN SAR Karna Pangkalpinang diminta disiapkan sebagai Back Up Operasi mengingat lokasi kejadian berada di wilayah Pulau Belitung, serta rencana evakuasi yang direncanakan kerumah sakit umum daerah di Tanjungpandan.

"Kita menerima telegram bahwa Helikopter Basarnas HR-3605 akan diterbangkan ke area pencarian dan rencana evakuasi ke Belitung, Alhamdulillah dini hari tadi kita menerima informasi bahwa semua ABK berjumlah 26 orang telah diselamatkan oleh kapal Samudra Jaya Abadi selanjutnya dievakuasi kepelabuhan Ketapang Kalimantan," kata Fazzli.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Kapal Bahari Indonesia Dievakuasi Mengalami Kebakaran, Begini Nasib 26 ABK

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm