Ilustrasi Makanan
Ilustrasi Makanan ( Dok. Tripadvisor)

Cara Menyimpan Makanan Yang Baik Agar Awet Dan Tak Mudah Basi

22 Juli 2020 14:10 WIB

SonoraBangka.id - Sering kali mungkin diantara kita mengalami ketika makanan yang kita masak pada pagi hari berubah basi dengan cepat di sore harinya. Selain rasa yang sudah tidak segar makanan basi tidak baik untuk kesehatan. Lalu tahukah kamu  apa penyebab makanan bisa cepat basi seperti itu?  Disalah satu acara di stasiun televisi,  Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group  Chef Stefu Santoso, mengatakan bahwa hal ini berkaitan dengan masalah food safety atau keamanan makanan yang biasa diterapkan di industri kuliner seperti di hotel dan restoran. “Kita biasanya kurang paham (food safety) ini di masyarakat umum,” kata Chef Stefu.

Seringkali, makanan yang sudah masak disimpan begitu saja di atas meja lalu ditutupi dengan tudung saji. Hal itu ternyata tak cukup. Masyarakat awam biasanya tak paham, seperti apa cara yang tepat menyimpan makanan yang sudah dimasak agar bisa awet lebih lama. Makanan yang berada dalam suhu ruang, hanya bisa bertahan maksimal 4 jam saja sebelum bakteri masuk dan akhirnya membuat makanan terkontaminasi dan cepat basi. “Jadi yang membuat basi itu bakteri yang tidak bisa kita lihat. Indonesia punya tingkat kelembaban tinggi, jadi dia akan lebih cepat basi,” ujar Chef Stefu. Namun jangan khawatir ada langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat makanan jadi lebih awet dan bisa dikonsumsi sampai beberapa hari ke depan.

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup kedap udara atau plastic adalah kuncinya. Kemudian  simpan di dalam lemari pendingin dengan suhu di bawah 5 derajat celsius. Makanan rata-rata bisa bertahan hingga beberapa hari sampai satu minggu  jika disimpan di chiller. Sementara makanan yang dibekukan di freezer bisa bertahan bahkan hingga beberapa bulan lamanya. Jangan lupa untuk memanaskannya lebih dahulu hingga mendidih, dengan suhu lebih dari 60 derajat celsius ketika makanan akan disajikan,. Cara lainnya untuk mencegah makanan basi adalah untuk memasak dengan porsi secukupnya. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan makan, jangan masak terlalu banyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Penyebab Makanan Cepat Basi? Begini Cara Simpan yang Baik", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/22/101000475/apa-penyebab-makanan-cepat-basi-begini-cara-simpan-yang-baik.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm