Ilustrasi kuliner Korea : kue ikan isi kacang merah (bungeoppang).
Ilustrasi kuliner Korea : kue ikan isi kacang merah (bungeoppang). ( SHUTTERSTOCK/IZLAN SOMAI)

7 Aneka Jajanan Pinggir Jalan Khas Korea Selatan Yang Terkenal

23 Juli 2020 06:58 WIB

SonoraBangka.id - Ketika berkunjung ke Korea, kamu pasti akan tergoda melihat jajanan-jajanan khas korea yang menggugah selera . Korea Selatan terkenal memang memiliki beraneka ragam jajanan pinggir jalan (street food) yang lezat. Bagi para pecinta drama Korea tentunya tak jarang street food khas Korea ini hadir yang sukses membuat penonton penasaran dengan jajanan khas Korea tersebut. Berikut ini aneka jajanan pinggir jalan khas Korea Selatan yang terkenal:

1. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan camilan kue beras pedas dengan tekstur kenyal dan saus merah yang pedas.Tteokbokki adalah jajanan street food yang paling populer dari Korea. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual jajanan khas Korea ini.  Di Korea, jajanan kue beras bervariasi rasanya ada yang manis dan ada yang pedas. Namun kue beras pedas yang paling dikenal hingga orang luar korea.

2. Odeng

Odeng mempunyai beragam bentuk, ada yang panjang seperti sosis, pipih dan ditusuk berlipat dan bentuk bulat-bulat kecil. Odeng (eomuk) atau fish cake merupakan sate daging ikan yang terbuat dari campuran ikan halus dan tepung. Adonan kemudian dibentuk, ditusuk dan direbus dengan kuah kaldu. Jajanan ini lebih enak dinikmati selagi masih panas, saat sedang musim dingin.

3. Bungeoppang

Jajanan ini mirip seperti waffle yang dicetak berbentuk ikan. yang diisi dengan bermacam-macam isian, seperti pasta kacang merah, ubi manis, cokelat, hingga es krim. Selain bentuknya yang menarik. Konon, orang korea percaya kue ini melambangkan keberuntungan.

4. Hweori gamja

Hweori gamja atau tornado potato adalah jajanan olahan kentang yang ditusuk dan dipotong spiral sehingga berbentuk kepingan tipis seperti gulungan tornado. Pembeli bisa memilih hweori gamja original atau yang dibumbui dengan bumbu bubuk untuk menikmatinya.

5. Gimbab

Sering muncul di drama-drama Korea sehingga jajanan ini mungkin tidak asing bagi sebagian dari kamu, sebab Gimbab adalah jajanan korea yang mirip seperti sushi. Jajanan ini terbuat dari nasi yang digulung dan diberi isian serta dibalut dengan rumput laut.

6. Bbopki

Bbopki adalah permen korea berbentuk bulat tipis yang berukuran cukup besar. Permen ini terbuat dari larutan gula dengan baking soda agar mengembang dan renyah. Pada saat dimasak, sebelum gula-gula ini mengeras, bagian tengah dicap dengan bentuk hati dan sebagainya. Bentuk di tengah itu bukan sekedar hiasan. Orang korea suka membuat permainan atau lomba dengan permen Bbopki. Cara bermainnya adalah peserta memakan permen tetapi harus menyisakan bagian tengah yang berbentuk hati tersebut. Oleh karena tekstur permen yang rapuh, maka untuk menyisakan bagian tengah yang utuh adalah sebuah tantangan tersendiri.

7. Twigim

Jajanan khas korea ini terbuat dari makanan yang dibalur tepung kemudian digoreng . Twigim adalah jajanan pinggir jalan berupa gorengan kalau di Jepang namanya Tempura. Bahan makanan yang sering dijadikan twigim yakni telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, hingga sayuran. Biasanya orang Korea memakan twigim dengan kecap asin atau dengan saus tteokbokki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Street Food Korea yang Terkenal, Sudah Pernah Coba?", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/220800575/7-street-food-korea-yang-terkenal-sudah-pernah-coba?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm