Mengenal panel speedometer (Stanly/Otomania)
Mengenal panel speedometer (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Ketahui Arti Dan Maksud Dari Tiga Warna Lampu Indikator Mobil

24 Juli 2020 18:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Bukanlah suatu hal yang baru untuk Lampu indikator yang terdapat di panel meter . Walaupun begitu, sebagian besar pengemudi belum paham sepenuhnya makna dari indikator tersebut, padahal produsen sudah membuatnya agar mudah dimengerti.

Indikator berupa lambang atau lampu yang terletak pada panel instrumen dasbor mobil memberi petunjuk, atau berbagai informasi penting kondisi mobil pada saat itu. Ini penting, supaya kalau mobil mengalami gangguan bisa segera ditangani atau diantisipasi.

Didi Ahadi, sebagai Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, mengatakan, jangan sampai mengabaikan lampu indiktator yang menyala pada panel meter.

“Sebab, bisa berakibat fatal jika ditinggalkan,” demikian kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Selain melalui lambang atau gambar, lampu indikator juga menyampaikan pesannya melalui warna. Pada umumnya terdapat tiga warna berbeda yakni hijau, kuning, dan merah.

Setiap warna memiliki tingkat perhatian yang berbeda. Sebagai cara sederhana, pahami dan kenalilah arti dan maksud dari indikator tersebut, salah satunya dengan skala prioritas berdasarkan warna.

- Pertama, warna hijau.

Ini menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

“Warna hijau bisa jadi penanda kalau lampu dinyalakan atau lampu kabut dinyalakan,” kata Didi.

- Kedua, warna kuning.

Ini menandakan bahwa terdapat kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi, baik pengecekan ataupun sekedar peringatan untuk berhati-hati (waspada). Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinkan pengemudi untuk tetap berkendara.

- Ketiga, warna merah.

Ini menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan bisa berakibat fatal. Jika warna ini muncul, maka disarankan untuk segera berhenti dan secepatnya mengatasi masalah tersebut. Warna ini juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Arti Tiga Warna Lampu Indikator Mobil", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/24/150100815/kenali-arti-tiga-warna-lampu-indikator-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm