Presiden Joko Widodo saat meninjau RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3/2020).
Presiden Joko Widodo saat meninjau RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3/2020). ( (DOK. Humas Kementerian PUPR))

Presiden Jokowi Jalani Tes Swab Usai Achmad Purnomo Dinyatakan Positif Covid-19

25 Juli 2020 08:49 WIB

SonoraBangka.ID - Setelah Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19, Presiden Joko Widodo pun langsung menjalani tes swab Covid-19.

Belum diketahui darimana Achmad Purnomo tertular Covid-19, namun ia diketahui sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

"Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab test. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

"Jadwal Bapak Presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," imbuhnya.

Bukan hanya Presiden Jokowi, tapi semua perangkat kepresidenan akan mempercepat jadwal swab test.

Lebih lanjut, Heru menambahkan, selama ini Istana Kepresidenan memberlakukan protokol yang ketat bagi tamu yang hendak masuk.

Para tamu diwajibkan menjalani tes cepat (rapid test) sebelum masuk ke Istana.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, ia menilai, Istana Kepresidenan relatif steril dari Covid-19.

"Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. Ia mengetahui positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

Kabar tentang Achmad Purnomo yang terkonfimasi positif pun dibenarkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan saat ini Achmad Purnomo pun sedang menjalani isolasi mandiri dirumahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Achmad Purnomo Positif Covid-19, Jokowi Jalani Tes Swab"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm