Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.
Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud. ( KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Jangan Lupa Cicipi 7 Jenis Makanan Khas Berikut Ini Jika Ke Cirebon

25 Juli 2020 16:50 WIB

SonoraBangka.id - Bagi kamu yang tengah berada di Cirebon, tetapi bingung mau makan apa? Berikut  ini  beberapa rekomendasi dari makanan khas  Cirebon yang wajib dicicipi. Seperti diketahui makanan khas Cirebon terbilang beragam. Beberapa di antara makanan ini terkenal dan dapat dibeli di luar Cirebon, contohnya empal gentong dan nasi jamblang. Selain empal gentong masih banyak ragam kuliner khas Cirebon.

1. Empal Gentong

Hidangan ini bisa banyak ditemukan di sepanjang Jalan Raya Plered. Seperti Empal Gentong Krucuk, Hj. Dian, H. Apud, Amarta, dan yang lainnya. Sajian ini terdiri dari potongan daging dan jeroan sapi yang direbus dengan bumbu rempah di dalam gentong. Daging dan jeroan direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga bumbu dari rempah akan meresap. Cita rasa dari empal gentong mirip dengan gulai tetapi kuahnya encer seperti soto, Rasa menonjol adalah gurih sedikit pedas rempah. Sajian ini nikmat disajikan dengan bawang goreng dan irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya dan penambah cita rasa.

2. Docang

Sajian ini banyak ditemukan  di Cirebon, tapi yang terkenal adalah Docang Khas Cirebon Ibu Wiwi, Jalan Ksatria Nomor 95, Cirebon. Selain itu juga ada Docang Pa Kumis di Jalan Tentara Pelajar, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon. Docang juga salah satu hidangan berkuah khas Cirebon yang memiliki rasa unik. Docang terdiri dari lontong, kemudian dicampur daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang khas. komponen itu kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, tempe bungkil atau oncom.

3. Nasi Lengko

Kamu bisa coba nasi ini di berbagai gerai empal gentong, tapi juga bisa dinikmati di Jalan Suryanegara ada Nasi Lengko Pagonan, dan yang lainnya. Kalau sajian satu ini berbahan dasar nasi, sebutannya nasi lengko. Hidangan ini merupakan nasi hangat yang diberi dengan potongan tahu, tempe, mentimun cacah, dan tauge rebus. Lalu disiram saus kacang tauco yang khas, membuatnya makin nikmat. Tambah nikmat lagi, lengko disantap bersama tahu dan tempe yang tidak terlalu matang kering. Selain itu sebagai pelengkap, nasi lengko juga disajikan dengan irisan daun kucai, kecap, dan taburan bawang goreng.

4. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang, merupakan sajian yang juga poluper di Cirebon. Nasi ini sering dijajakan di kawasan Cirebon, penikmatanya bisa dari semua kalangan. Nasi ini juga dijual mulai di tenda pinggir jalan hingga tersedia di menu restoran hotel-hotel berbintang di Cirebon. Sajian ini merupakan hidangan berbahan dasar nasi yang kemudian dibungkus dengan daun jati. Nasi disajikan dengan aneka lauknya seperti ikan asin, tahu bacam, hingga jengkol lebih lezat.


5. Empal Asam

Kalau sajian ini bisa dikatakan mirip dengan empal gentong. Namun empal gentong berkuah kuning, dengan menggunakan santan dan rempah. Sementara empal asam justru berkuah bening, dengan bahan utamanya kaldu, dan belimbing wuluh. Rasa empal asam sangat segar. Sama hal dengan empal gentong, empal asam terdiri dari irisan daging dan jeroan. Empal asam juga dilengkapi dengan sayuran seperti wortel, irisan daun bawang. Menyantapnya dalam kondisi hangat amat menyegarkan, dengan rasa asam yang pas. Empal ini memiliki sebutan empal dengan kolesterol rendah karena tak pakai kuah santan yang kental. Kamu bisa mencobanya di berbagai gerai empal gentong besar, seperti di sepanjang Jalan Raya Plered.

6. Mi Koclok

Di beberapa kawasan di Indonesia memiliki sajian mi dengan gaya masakan khas daerah masing-masing. Cirebon memiliki salah satu sajian mi yang unik, yaitu mi koclok. Kuah mi koclok ini berwarna putih kental dan kerap disajikan sebagai sajian makan malam. Warna putih ini berasal dari campuran santan dan tepung maizena. Tak hanya kuahnya, isian mi koclok pun terbilang melimpah, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.

7. Tahu Gejrot

Siapa yang tak kenal dengan sajian satu ini, hidangan khas Cirebon yang terakhir ini merupakan camilan dengan cuka asam manis pedas. Ternyata Direndam Dalam Air Es Tahu pong atau tahu kosong digoreng sangat garing, lalu dibanjur kuah cuka dengan kombinasi rasa asam manis pedas. \ Kuah tahu gejrot berasal dari ulekan cabai rawit, bawang merah, dan gula merah. Tahu pong akan digejrot atau dipipihkan dan semua bumbu menyatu. Sajian ini bisa dibuat di rumah untuk camilan bersama keluarga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Nagih", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/25/101200875/7-makanan-khas-cirebon-yang-bikin-nagih?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm