Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Pecinta Lingkungan Bujang Squad.
Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Pecinta Lingkungan Bujang Squad. ( Diskominfo Babel)

Gubernur Erzaldi Apresiasi Pecinta Lingkungan Bujang Squad Sang Pelindung Bukit Mangkol

25 Juli 2020 17:52 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menghadiri kegiatan penanaman pohon di Bukit Mangkol, Desa Terak, Kec. Pangkalan Baru (Bateng), Sabtu (25/7/20).

Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Pecinta Lingkungan Bujang Squad, karena selama tiga tahun terakhir sudah melakukan sesuatu yang sangat positif yaitu menanam pohon di kawasan Tanaman Hutan Rakyat (Tahura) di kawasan Bukit Mangkol, sehingga kawasan yang selama ini rusak akibat penambangan timah, serta penebangan hutan liar yang tak terkendali ini menjadi hijau kembali.

"Alhamdulillah, Mangkol ini sudah menjadi perhatian kita bersama. Saya sepakat dengan Pak Kades bahwa Mangkol ini harus kita jaga. Empat tahun yang lalu, sulitnya kita menjaga hutan konservasi ini," ungkapnya.

"Setiap hari kita berhadapan dengan penambang, penebang pohon. Tetapi, sejak empat tahun yang lalu, beberapa komunitas masyarakat pecinta lingkungan, yang saat ini dimotori oleh Komunitas Bujang Squad membantu kawasan ini kembali membaik," ujarnya.

Menurut Gubernur Erzaldi Rosman Bukit Mangkol sejak dari zaman Belanda sudah menjadi sumber bahan baku air bersih. Saat ini, dengan komando Bujang Squad dibantu oleh masyarakat, Gubernur Erzaldi yakin kawasan tahura Bukit Mangkol ke depan lebih baik.

"Saya apresiasi kepada Bujang Squad atas usahanya melindungi hutan. Untuk itu, saya berikan bonus berupa bibit jambu mete dan bibit durian. Sehingga, di masa yang akan datang tempat ini dapat menjadi wisata buah durian," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi berpesan kepada masyarakat agar kawasan tahura ini dijaga dengan baik. Menurutnya, orang yang menjaga keseimbangan lingkungan termasuk orang dengan tingkat keimanan cukup tinggi.

"Semoga ke depan dengan hijaunya Bukit Mangkol, Pangkalpinang tidak bajir lagi, karena selama ini hutan mangkol yang gundul merupakan salah satu penyebab banjir," ujarnya.

Sementara Dirjen Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan (PSKL), Bambang Suprianto dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini sangat saya dukung penuh, karena merupakan kegiatan yang positif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Saya bangga bisa ketemu dengan Komunitas Bujang Squad, yang bisa membuat ramah lingkungan, tahuranya bagus, dan gerakan masyarakatnya luar biasa, serta didukung oleh Pak Gubernur yang sangat luar biasa," ungkapnya.

Dirjen PSKL Bambang Suprianto atas nama Kementerian Lingkungan Hidup (LKH) RI mengucapkan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat yang telah bersusah payah menjaga keseimbangan lingkungan.

"Bujang Squad ini ternyata telah mengeluarkan virus-virus kebaikan kepada masyarakat, semoga keteladanan ini menjadi contoh di berbagai daerah lainnya," ungkapnya.

Kades Desa Terak mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi, Dirjen PSKL Bambang Suprianto, bupati, komunitas pencinta lingkungan, dan elemen masyarakat lainnya yang telah hadir di hari jadi komunitas pencinta lingkungan Bujang Squad yang ketiga.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm