Ilustrasi Daging
Ilustrasi Daging ( lifestyle.okezone.com)

Tips Membuat Daging Empuk , Cukup Dengan 4 Bahan Alami Berikut Ini

26 Juli 2020 16:51 WIB

Sonora.bangka.id - Tak jarang kita mengalami kesulitan pada saat mengolah daging terutama sapi dan kambing, untuk bisa membuat daging menjadi empuk. Kita bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti memukul daging dengan palu daging hingga memarinasi daging dengan nanas agar masakan daging yang dibuat menjadi empuk. Dilansir dari Kompas. com, berikut ini tips membuat daging empuk cukup dengan bahan alami.

1. Potong daging berlawanan dari arah serat

Agar hasil masakan daging jadi empuk, ternyata kita harus memperhatikan cara memotong daging sebelum diolah. Bagaimana cara memotong daging agar empuk? Cara memotong daging agar empuk, yaitu sebaiknya daging dipotong berlawanan dari arah seratnya. Jadi mulai sekarang kamu bisa merubah cara memotong daging jika masih searah dari seratnya, sebab cara itu kurang tepat.

2. Marinasi daging dengan nanas

Kamu bisa memarinasi atau merendam  daging bersama nanas  untuk mengempukan daging. Di dalam buah nanas terkandung zat asam dengan jumlah tinggi yang bisa membuat daging empuk. Cara memarinasi daging dengan nanas, kamu bisa menghaluskan nanas, kemudian campur dengan daging dan tunggu selama 30 menit. Selama proses marinasi ini, zat asam nanas akan bekerja untuk mengempukan daging. Setelah dimarinasi, daging siap untuk diolah.

3. Bungkus daging dengan daun pepaya

Sama seperti nanas, bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengempukan daging yaitu daun papaya. Di dalam daun pepaya juga terdapat kadar asam yang mampu membantu mengempukkan daging. Cara mengempukan daging dengan daun papaya yaitu, bungkus daging dengan daun pepaya kemudian diamkan selama lebih kurang 1 jam.

4. Campur dengan bawang bombai

Cara mengempukan daging berikutnya, yaitu kamu bisa mencampur potongan bawang bombay dengan daging. Selain alami, bawang bombai juga mudah ditemukan di pasar jadi kamu tidak akan susah mendapatkannya. Cara mengempukkan daging bisa dilakukan dengan menggunakan bawang bombai sesuai takaran. Agar satu kilogram daging menjadi empuk, diperlukan satu buah bawang bombay utuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Membuat Daging Kambing Empuk dengan Bahan Alami", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/26/162600775/4-tips-membuat-daging-kambing-empuk-dengan-bahan-alami?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm