Salah seorang penjual bindaetteok di pasar Gwangjang
Salah seorang penjual bindaetteok di pasar Gwangjang ( Shutterstock/zkruger)

Cara Membuat Bindaetteok, Pancake Kacang Hijau Gurih ala Korea.

26 Juli 2020 17:16 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu street food atau jajanan dari Korea Selatan yang popular adalah Bindaetteok,  Bagi penonton Netflix, dapat melihat makanan ini muncul di salah satu episode series dokumenter Street Food Asia.  Bindaetteok merupakan pancake atau panekuk gurih yang adonannya dibuat dari kacang hijau kupas yang digiling.

Panekuk ini begitu populer dan cukup mudah ditemukan di sekitar Pasar Gwangjang. “Pada tahun1970-an, orang  Korea butuh cara memperbaiki kualitas hidup pasca-perang. Jadi Gerakan Desa Baru dimulai sebagai upaya nasional untuk membangun kembali negeri,” kata kurator di Korean Folk Museum, Yeonhak Jung. “Orang Korea bekerja sangat keras agar anak-anak mereka tak mengalami kesulitan yang mereka alami," kata Yeonhak Jung. Saat itulah menurutnya para ibu ikut bekerja dan mulai menjual makanan rumahan seperti panekuk kacang hijau.

 Bindaetteok dibuat dari kacang hijau kupas yang direndam semalaman. Kacang hijau kupas tersebut kemudian digiling menggunakan penggiling batu khusus karena kacangnya harus cukup halus agar bisa digoreng. Sangmi Chu dan Geumsoon Park merupakan pasangan anak-ibu yang mengelola salah satu kedai bindaetteok yakni kedai Pakgane di Pasar Gwangjan. Sangmi Chu adalah generasi ketiga yang mengelola kedai, sejak neneknya mendirikan kedai Pakgane.

“Aku selalu ingin memperluas usaha ini jadi aku membuka dua kedai baru. Agar kedai kedai ini bisa bertahan 100 tahun lebih sangat penting untuk mewariskannya kepada generasi berikutnya. Baca juga: Resep Dak Kalguksu, Mi Potong dengan Kaldu Ayam ala Korea “Bagi orangtua dan kakek nenekku, tempat ini adalah hidup mereka. Bagiku, ini adalah tempat yang ingin kulindungi,” papar Sangmi Chu.

Resep Bindaetteok

Membuat bindaetteok yang mirip dengan yang ada di kedai Pakgane juga bisa kamu lakukan di rumah. Berikut ini resep membuat bindaetteok seperti dilansir dari Korean Bapsang.

Bahan Bindaetteok

  • 2 cup kacang hijau kering yang sudah dikupas dan dibelah (akan menghasilkan kurang lebih 4 cup ketika sudah direndam karena mengembang)
  • 8 ons tauge
  • 8 ons kimchi
  • 6-8 batang daun bawang
  • 4 ons daging giling (bisa diganti protein lain seperti ayam atau seafood)
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh bawang putih, rajang halus
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • Garam untuk rasa
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng

Bahan saus celup

  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan cuka
  • 2 sendok makan air
  • Sejumput lada hitam
  • Sejumput bubuk cabai

Cara Buat Bindaetteok

  1. Siapkan kacang hijau yang sudah dikupas dan dibelah sebelumnya rendam kacang hijau dalam waktu beberapa jam saja.
  2. Cuci kacang hijau kupas sampai bersih, lalu rendam dengan air selama kurang lebih 3-4 jam
  3. Sambil menunggu kacang hijau direndam, rebus tauge selama kurang lebih dua menit. Jika kamu ingin menggunakan tauge segar juga tidak masalah. Jangan lupa untuk membersihkan tauge dan membuang bagian bawah berwarna coklat dari tauge lebih dahulu.
  4. Angkat tauge lalu rendam di air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Tiriskan, lalu peras sedikit tauge. Sisihkan.
  5. Rajang kimchi dan daun bawang. Campurkan kimchi, daun bawang, tauge, daging, kecap asin, dan bawang putih dalam mangkuk. Aduk rata.
  6. Biasanya kacang hijau harus digiling dengan penggiling khusus dari batu. Namun kamu juga bisa menggunakan blender di rumah.
  7. Giling dua cup kacang yang sudah direndam dengan ¾ cup air dingin dan ½ sendok teh garam sampai mencapai konsistensi yang agak kasar mirip seperti pasir. Jangan menggiling kacang hijau terlalu halus agar tetap bisa dibuat jadi adonan.
  8. Campurkan gilingan kacang hijau ke dalam mangkuk yang berisi sayuran dan daging. Campurkan juga sisa kacang hijau rendam yang tadi tidak digiling ke dalam adonan. Aduk rata.
  9. Panaskan wajan dengan minyak sayur yang agak banyak agar panekuk bisa punya tekstur yang renyah di bagian luar. Gunakan api sedang.
  10. Tuang adonan dengan sendok sayur ke atas wajan, ratakan seperti halnya membuat panekuk biasa.
  11. Masak hingga bagian bawah panekuk berwarna kecoklatan atau sekitar 2-3 menit.
  12. Sajikan selagi hangat dengan saus celup. Untuk membuat saus celup, campurkan dan aduk rata semua bahan saus celup.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bindaetteok, Pancake Kacang Hijau Gurih ala Korea ", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/26/080200275/resep-bindaetteok-pancake-kacang-hijau-gurih-ala-korea-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm