Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengikuti video conference rapat koordinasi persiapan penyerahan bantuan masyarakat dari Presiden RI berupa sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Wagub Kepulauan Babel, Senin (27/7).
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengikuti video conference rapat koordinasi persiapan penyerahan bantuan masyarakat dari Presiden RI berupa sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Wagub Kepulauan Babel, Senin (27/7). ( Diskominfo Babel)

Pemprov Babel Ikuti Koordinasi Persiapan Penyerahan Bantuan Sapi Dari Presiden RI

27 Juli 2020 15:55 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengikuti video conference rapat koordinasi persiapan penyerahan bantuan masyarakat dari Presiden RI berupa sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Wagub Kepulauan Babel, Senin (27/7).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak sekretaris presiden dalam rangka untuk mengetahui kesiapan penerima bantuan sapi di setiap provinsi, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Deputi Bidang Kepresidenan Rika Kiswardani dalam arahannya mengatakan, melalui video conference ini pihaknya ingin mengetahui kesiapan di daerah dalam penerimaan bantuan sapi kurban dari presiden.

Pemotongan sapi tahun ini tentunya berbeda dengan tahun sebelumnya, karena Hari Raya Idul Adha kali ini masih dalam wabah pandemi Covid-19. Hal ini tentu membuat penanganan hewan kurban berbeda dari tahun sebelumnya.

Ada kriteria dalam pemilihan sapi, pertama, diutamakan sapi peranakan ongole atau sapi lokal lainnya dengan bobot sapi berkisar 800–1.000 kg, serta sapi dinyatakan sehat dari dinas kesehatan hewan setempat, mengutamakan sapi dari peternakan lokal.

Selain itu menurutnya, penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban harus memenuhi persyaratan seperti, penerapan jaga jarak (physical distancing), pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik, penyelenggaraan mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, dan pendistribusian daging sapi dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

Kemudian harus diterapkan kebersihan personil panitia. Penerapan kebersihan alat meliputi, melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh area peralatan sebelum dan sesudah prosesi penyembelihan selesai, disarankan untuk menerapkan sistem satu orang, satu alat.

“Ada beberapa hal yang harus kita cermati, bukan hanya kesehatan sapinya, akan tetapi kesehatan panitia yang terkait. Adapun hal yang lebih penting yaitu kelengkapan dokumen administrasi harus menjadi perhatian bersama sehingga lancar pelaksanaannya, lancar juga pertanggungjawabannya," ungkapnya.

Wagub Abdul Fatah mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, dengan bantuan sapi kurban ini.

“Bapak presiden menginginkan bahwa sapi tersebut sapi lokal sejenis limosin. Kebetulan di Babel ini ada masyarakat yang mengembangkan sapi yang dimaksud presiden. Sapi yang kita peroleh jenis sapi limosin dengan berat 1 ton 57 kg dan sapi bantuan presiden untuk masyarakat tersebut sudah diserahkan langsung oleh Pak Gubernur kemarin 24 Juli 2020 kepada Ketua Masjid Ar–Rahman Kampung dul. Penyembelihannya setelah selesai salat Idul Adha,” ungkapnya.

Wagub Abdul Fatah berharap, semoga tahun selanjutnya program ini masih berlanjut, sehingga bantuan selanjutnya kita peruntukan untuk masyarakat di Belitung dan seterusnya ke kabupaten/kota yang ada di Babel.

“Itulah tujuan rapat koordinasi ini, agar permasalahan di daerah dapat diselesaikan sehingga bantuan sapi kurban dari presiden ini lancar, tanpa ada hambatan,” ungkapnya.

Vicon ini diikuti sebanyak 18 provinsi di Indonesia bagian barat, dengan total penerima sebanyak 18 masjid, setiap provinsi hanya menerima satu sapi. 

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm