Es Kacang Merah
Es Kacang Merah ( (KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI) )

Cara Membuat Es Kacang Merah, Minuman Khas Idonesia Yang Menyegarkan

28 Juli 2020 14:18 WIB

SonoraBangka.id - Di restoran Indonesia, Es kacang merah dapat dengan mudah ditemui. Minuman es yang menyegarkan ini dikenal berasal dari Manado, Palembang, dan Bangka Belitung. Bahan es kacang merah terbilang sederhana, kamu juga bisa membuat es kacang merah sendiri di rumah sehingga bisa menjamin kebersihan es dan bahan lainnya. Berikut ini resep es kacang merah dari Sajian Sedap:


Es Kacang Merah

Bahan:

  • 200 gram kacang merah segar
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 liter air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml susu evaporasi
  • 150 gram gula pasir

Bahan pelengkap:

  • 400 gram es serut
  • 4 sendok teh susu kental manis cokelat

 Cara membuat es kacang merah:

  1. Siapkan panci lalu rebus kacang merah, daun pandan, air, dan garam sampai matang dan empuk. Kamu juga bisa merebusnya dengan presto (pressure cooker) agar lebih cepat empuk.
  2. Tambahkan susu evaporasi dan gula pasir. Rebus kacang merah sampai mengental. Angkat dan dinginkan.
  3. Siapkan gelas es campur. Lalu masukan es serut ke dalamnya. Tambahkan kacang merah dan siram dengan susu kental manis cokelat. Es kacang merah siap dinikmati. Tips: Kalau ingin rasa lebih gurih, kamu bisa menuangkan santan pada es serut. Es kacang merah juga cocok disantap dengan kolang-kaling atau alpukat. Bisa juga ditambahkan sirup kesukaan bagi kamu yang doyan manis.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Kacang Merah, Minuman Segar untuk Siang yang Panas ", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/28/130100575/resep-es-kacang-merah-minuman-segar-untuk-siang-yang-panas-

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm