Ilustrasi memotong ikan tuna mentah.
Ilustrasi memotong ikan tuna mentah. ( SHUTTERSTOCK/BRAVISSIMOS)

4 Cara Membersihkan Ikan Segar Agar lebih Mudah Sebelum Dimasak

28 Juli 2020 14:36 WIB

SonoraBangka.id - Ada sedikit pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu  sebelum kamu memutuskan untuk memasak ikan, yaitu membersihkan ikan. Hal ini mungkin akan menjadi pekerjaan yang sulit jika kamu tidak tahu langkah-langkahnya . Mulai dari membersihkan sisik sampai insang ikan. Berikut ini dilansir dari The Spruce Eat cara- cara membersihkan ikan, agar pekerjaan membersihkan ikan lebih mudah.

1. Siapkan alat-alat membersihkan ikan

Kamu bisa mempersiapkan alat-alat untuk membersihkan ikan. Peralatan tersebut adalah pisau dapur, gunting dapur, dan talenan. Pastikan pisau dan gunting yang digunakan tidak tumpul.

2. Bersihkan sirip

Langkah pertama untuk membersihkan ikan, dimulai dengan membersihkan semua sirip ikan. Sirip-sirip ikan ini terletak di bagian punggung, dada, perut dan ekor. Potonglah semua sirip sampai sedekat mungkin dengan badan ikan. Pada saat memotong sirip bagian punggung, kamu harus berhati-hati agar tidak cedera, sebab tulang sirip punggung sangat tajam. Namun, jika menginginkan hasil presentasi masakan ikan utuh yang cantik, kamu boleh tidak memotong sirip ekor ikan.

3. Meghilangkan sisik

Jika selama ini kamu menghilangkan sirip ikan dengan cara memegang kepala ikan kemudian membuang sirip dari arah kepala menuju ekor, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan cara tersebut. Akan lebih baik jika kamu membuang sirip ikan dengan cara memegang bagian ekor ikan lalu kikis sirip ikan dari arah kepala menuju ekor. Cara ini akan memudahkan kamu untuk mengikis sirip dan juga mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

4.  Bersihkan insang

Kamu bisa menggunakan gunting dapur untuk membersihkan insang ikan. Langkah membersihkan insang adalah buka dan tahan sisi penutup insang dengan jempol. Kemudian gunting perut ikan di lubang perutnya sampai ke arah kepala. Kemudian kamu akan melihat organ dalam ikan yang terhubung dengan insang ikan, tarik organ dalam dan insang tersebut. Terakhir cuci ikan di bawah air mengalir dan tiriskan. Ikan siap untuk diolah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Ikan Segar, dari Sisik sampai Insang", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/27/183022675/4-cara-bersihkan-ikan-segar-dari-sisik-sampai-insang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm