Ilustrasi Jeroan Sapi
Ilustrasi Jeroan Sapi ( www.kabarkuliner.com )

Cara Membersihkan Jeroan Kambing Dan Sapi Agar Tak Bau Ketika Diolah

29 Juli 2020 14:12 WIB

SonoraBangka.id - Jeroan sapi dan kambing juga bisa jadi olahan yang enak ketika dimasak dengan benar selain daging, Berbeda dari daging biasa  jeroan terkenal sulit diolah karena punya aroma yang menyengat dan kotoran . jeroan juga bisa punya tekstur yang alot jika salah pengolahannya.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika membersihkan jeroan agar tak bau . Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo memberikan  tips bagiaman cara membersihkan jeroan. Ia mencontohkan cara membersihkan salah satu jeroan yakni babat. “Babat terkadang aromanya sangat menyengat. Maka untuk membersihkannya pertama kita cuci dengan air mengalir. Kemudian yang paling baik adalah balurkan kapur sirih,” kata Prasetyo pada Kompas.com.

Babat harus dicuci lagi dengan air mengalir sampai babat benar-benar bersih setelah dibalur dengan kapur sirih, Sebelumnya diamkan kapur sirih pada babat sebentar saja, jangan terlalu lama. Dengan menggunakan air mengalir, kotoran pada babat akan terbawa turun dari babat dan tak menempel.

Penggunaan kapur sirih berguna untuk merontokkan lapisan hitam pada babat sehingga terlihat benar-benar bersih. “Setelah itu siapkan air mendidih kemudian rebus babat dengan ditambahkan sedikit beras dan daun salam. Kemudian rebus babat sampai empuk,” jelas Prasetyo. Penggunaan beras dalam rebusan babat akan berfungsi membuat babat lebih cepat empuk. Sementara daun salam, berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada babat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Hilangkan Bau Jeroan Kambing dan Sapi", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/28/172148675/cara-hilangkan-bau-jeroan-kambing-dan-sapi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm