Iilustrasi panci presto.
Iilustrasi panci presto. ( Dok. Compact Appliance)

Perbedaan Panci Presto Dan Slow Cooker, Alat Masak Agar Daging Empuk

29 Juli 2020 15:06 WIB

SonoraBangka.id - Dua alat yang praktis untuk digunakan untuk memask yang dapat diandalkan untuk memasak  bahan makanan yang keras seperti daging adalah Panci presto atau preassure cooker dan slow cooker. Masakan yang dihasilkan dari kedua alat ini akan sama-sama empuk dan lembut. Namun meskipun hasil masakan dari panci presto dan slow cooker sama, tetapi cara kerjanya berbeda. Berikut perbedaan panci presto dan slow cooker dilansir dari The Kitchn.

1. Slow cooker

Seiring perkembangan teknologi, kini ada alat slow cooker. Bentuk alat ini sekilas mirip rice cooker. Adanya alat slow cooker membuat pengguna jadi hemat gas, karena alat slow cooker menggunakan listrik. Alat slow cooker yang canggih juga terbilang sangat praktis. Ada pengaturan suhu temperatur dan lama memasak. Teknik masak Slow cooker menggunakan slow cook alias suhu panas rendah untuk memasak makanan dalam jangka waktu yang lama. Slow cooker menggunakan panas lembab untuk memasak makanan dalam waktu yang lama, biasanya sekitar 4 - 10 jam, dalam suhu rendah. Cara memasak dengan slow cooker yaitu makanan ditempatkan di dalam kompor (yang berada di dalam unit pemanas), ditutup dengan penutup, dan diatur ke pengaturan panas rendah. Jenis makanan yang dapat dimasak dengan slow cooker contohnya seperti sup, semur, sayuran, daging, roti, ikan sampai hidangan penutup.

2. Panci presto atau pressure cooker

Alat yang menggunakan panas dan tekanan uap untuk memasak makanan lebih cepat adalah Panci presto. Ada dua jenis panci presto di pasaran, yakni panci presto dengan panas dari api kompor dan panci presto listrik. Cara memasak di panci presto yaitu cairan dan makanan dimasukan ke dalam panci dan ditutup rapat. Ketika cairan memanas (akhirnya mendidih), akan membentuk uap dan tekanan di dalam panci. Tekanan uap tersebut menaikkan titik didih cairan memasak hingga setinggi 250 ° F (130 derajat celcius), menyebabkan makanan masak lebih cepat. Meningkatnya tekanan dalam panci juga memaksa cairan masuk ke dalam makanan, membuat makanan yang keras menjadi lunak lebih cepat.

Lebih bagus panci presto atau slow cooker?

Perbedaan paling signifikan dari panci presto dan slow cooker adalah kecepatan memasak makanan.. Dikutip dari Compact Appliance, proses masak singkat dari panci presto membuat kandungan dalam makanan seperti mineral dan vitamin terperangkap dengan baik. Hasil Empuk dan Mengembang Sempurna Panci presto juga cocok bagi kamu yang suka membuat makanan awet seperti selai, saus tomat rumahan, atau biji-bijian yang dikalengkan. Sementara keunggulan slow cooker adalah makanan yang dimasak dengan cairan kental (stew) dan kuah (sop). Tak hanya itu, slow cooker juga cocok membuat kue dan roti. Slow cooker menjaga kelembapan makanan sehingga tekstur kue akan lembut dan kenyal. Jika ditanya lebih bagus panci presto atau slow cooker jawabannya tergantung kebutuhan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Panci Presto dan Slow Cooker? Alat Masak yang Bikin Daging Empuk", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/090303575/apa-bedanya-panci-presto-dan-slow-cooker-alat-masak-yang-bikin-daging-empuk?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm