ilustrasi donat
ilustrasi donat ( PIXABAY/BRUNO)

Pencinta Donat Harus Tahu, Perbedaan Donat Ragi Dan Donat Cake

30 Juli 2020 07:29 WIB

SonoraBangka.id - Donat ragi dan donat cake punya tempat di hati masing-masing bagi para pencinta donat. Tetapi terdapat perbedaan signifikan antara donat ragi dengan donat cake walaupun sama-sama donat,. Berikut ini bedanya donat ragi dengan donat cake, dari adonan dasar sampai rasa dilansir dari Bonappetit.

1. Sejarah donat ragi dan donat cake

Donat ragi lebih dulu dikenal dibanding donat cake. Di luar dari permasalahan sejarahnya, kedua tipe donat tersebut mempunyai penggemar masing-masing. Sehingga penting untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya. Donat ragi berasal dari Belanda, Eropa. Pendapat ini diperkuat bahwa ragi sudah lebih dulu dikenal berabad-abad yang lalu dibanding dengan orang-orang mengenal bahan pengembang baking powder dan baking soda.

Bahkan para pembuat roti menggunakan ragi dan menggoreng roti tersebut. Orang romawi kuno lebih duluan membuat donat goreng dan mencocolnya dengan sirup. Jauh sebelum orang China membuat roti dengan versinya sendiri. Roti goreng di Eropa misalnya orang Polandia punya paczki dan di italia ada zeppole, dan donat Amerika berasal dari Belanda, yaitu porfetfriedolicock, yang sekarang diberi nama doughnut.

Di Amerika, lubang pada donat diciptakan oleh seorang kapten kapal bernama Hanson Gregori. Karena ketika dia membuat donat, bagian tengah donatnya bantat, lalu dia memutuskan untuk memotong bagian tengah donat tersebut. Sebaliknya donat cake berasal dari Amerika. Donat cake pertama kali ditemukan 1830, bersamaan dengan ditemukannya baking soda dan baking powder

2. Adonan dasar donat

Perbedaan mendasar dari donat ragi dan donat cake adalah adonannya. Donat ragi itu terbuat dari adonan yang diberi ragi seperti roti brioche. Adonan donat ini lembut dan ringan, bersifat kenyal dan rasanya hanya sedikit bahkan tidak manis tanpa pemberian sugar glaze atau taburan gula di atasnya. Seorang ahli donat di New Jersey mengatakan bahwa donat ragi seharusnya bersifat lembap dengan tekstur pori seperti sarang lebah dan rasanya seperti ragi yang terfermentasi. Sebaliknya donat cake dibuat dari adonan seperti cake dan bisa mengembang karena ditambah dengan bahan pengembang yaitu baking powder atau baking soda. Baca juga: Bedanya Baking Powder dengan Baking Soda, Bekal Sebelum Bikin Kue Idealnya bagian dalam donat cake lembap tapi crumble seperti remah-remah, bisa padat seperti muffin atau lembut seperti kue ulang tahun. Donat cake lebih lembut sedangkan donat ragi lebih keras dan kenyal.

3. Karakteristik

Pada zaman dahulu, sebenarnya donat ragi mempunyai permukaan yang retak-retak sedangkan donat cake permukaannya tidak retak-retak.  Donat ragi berbentuk seperti bantal dan besar dengan permukaan yang licin. Donat cake tidak memiliki strukstur seperti sarang lebah dan biasanya bentuknya lebih kecil dari donat ragi.

4. Rasa

Kelebihan dari donat cake adalah adonannya bisa diberi berbagai rasa sedangkan donat ragi rasanya didapatkan dari tambahan glaze. Donat ragi juga mudah untuk diberi isian seperti selai atau krim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Donat Ragi dan Donat Cake, Penggemar Donat Harus Tahu", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/28/201200975/bedanya-donat-ragi-dan-donat-cake-penggemar-donat-harus-tahu?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm