ilustrasi lontong
ilustrasi lontong ( Teguh Jati Prasetyo / shutterstock)

Cocok Sebagai Teman Makan Sate, Berikut Cara Membuat Lontong Daun

30 Juli 2020 12:27 WIB

SonoraBangka.id - Lontong dan sambal memang paling nikmat disantap dengan Sate. Jelang Idul Adha yang masak lontong terlebih dahulu. Tidak sesulit membuat ketupat daun kelapa membuat lontong daun terbilang praktis. Rasa lontong daun juga lebih kurang karena mengandung santan. Berikut adalah resep lontong daun dari Travelling Chef Wira Hardiansyah:

Bahan lontong daun :

  • 300 gram beras pulen
  • 250 ml air
  • 250 santan cair
  • 6 buah daun jeruk
  • 10 buah daun pisang
  • batu lidi untuk menyemat

Cara membuat lontong daun :

  1. Cuci beras seperti biasa, kemudian tiriskan airnya.
  2. Taruh beras dalam panci, tuangkan air, santan, dan daun jeruk. Jangan lupa sedikit garam agar rasa lontong lebih gurih.
  3. Masak beras tersebut dengan api sedang sampai air terserap ke beras. Aduk sesekali. Jika air sudah terserap ke beras, dinginkan dengan cara angin-anginkan. Baca juga: Resep Acar Timun Wortel untuk Makan Sate, Bikin Dulu Sebelum Idul Adha
  4. Ambil helai daun pisang, kemudian taruh beras yang sudah dimasak tersebut ke daun sekitar tiga sendok makan.
  5. Gulung daun pisang dengan rapi dan sematkan kedua sisi dengan lidi.
  6. Siapkan kukusan dan masukkan air yang cukup banyak. Kukus lontong lebih kurang 1 jam. Bisa juga direbus di air mendidih selama lebih kurang 2 jam.
  7. Jika lontong sudah matang, angin-anginkan dengan cara digantung.

Penting untuk menggantung lontong, karena saat lontong mengandung banyak air dari uap kukusan maka akan menjadi lendir dan cepat basi. Seberapa lama waktu mengukus atau merebus lontong sangat bergantung pada ketebalan panci, kerapatan tutup, dan jenis nasi. Jadi tidak ada salahnya gunakan salah satu lontong sebagai bahan cek kematangan beras. Gigit dan rasakan apakah masih ada rasa berah mentah. Jangan khawatir tekstur yang buyar, lontong yang semakin lama dianginkan akan semakin padat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Lontong Daun Praktis untuk Teman Makan Sate", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/30/120300075/cara-bikin-lontong-daun-praktis-untuk-teman-makan-sate.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm