Gambar ilustrasi gulai  kambing
Gambar ilustrasi gulai kambing ( )

Agar Tak Mudah Basi, Berikut 4 langkah Menyimpan Gulai Kambing

2 Agustus 2020 17:15 WIB

SonoraBangka.id - Supaya tidak lekas basi, jika gulai kambing yang kamu bikin di rumah masih cukup banyak untuk stok beberapa hari, maka sebaiknya disimpan dengan benar. Gulai kambing yang disimpan dalam kulkas dengan benar bisa awet 2-3 hari. Terdapat setidaknya 4 langkah penting sebelum menyimpan gulai kambing dalam kulkas atau freezer. Berikut selengkapnya:

1. Biarkan sampai dingin atau suhu ruang

Makanan bersantan bisa awet 2-3 hari dalam kulkas, sedangkan di freezer bisa tahan lebih dari 3 hari. Menyimpan makanan bersantan dalam kulkas atau freezer, harus ditunggu sampai dingin atau suhu ruang. Berlaku pula pada gulai atau tongseng kambing. Saat disimpan dalam kulkas jangan terlalu sering membuka tutup supaya suhu kulkas stabil.

2. Masukkan dalam plastik tipis

Kalau mau disimpan dalam waktu lama dalam freezer, disarankan masukkan gulai dalam plastik tipis agar proses pembekuan lebih cepat. Pastikan plastik atau wadah gulai tertutup rapat untuk menghindari kontaminasi bau dari bahan makanan lain dalam kulkas.

3. Pisahkan daging kambing dengan kuah

Sebaiknya, pisahkan daging kambing dengan kuah dalam wadah berbeda. Bertujuan agar keduanya matang sempurna dan rata saat dihangatkan kembali. Kalau ditaruh dalam wadah yang sama, ada potensi kuah santan sudah leleh sedangkan ayam masih beku.

4. Jangan sentuh gulai

Jangan sentuh gulai kambing sebelum disimpan dalam kulkas atau freezer untuk menghindari kontaminasi bakteri, Pasalnya, tangan dapat menjadi penyalur bakteri dan dapat masuk ke gulai. Bakteri itu dapat membuat gulai cepat basi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Gulai Kambing agar Tidak Mudah Basi", https://www.kompas.com/food/read/2020/08/02/080800175/4-cara-simpan-gulai-kambing-agar-tidak-mudah-basi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm