Ilustrasi Pepes
Ilustrasi Pepes ( SHUTTERSTOCK/EDIANSYAHEDOY)

Hanya Butuh 4 Bahan Utama, Berikut Cara Membuat Pepes Jamur

4 Agustus 2020 13:55 WIB

SonoraBangka.id - Jangan khawatir jika mau makan sehat tapi juga mau makan enak, kamu bisa membuat pepes jamur di rumah untuk keluarga. Seperti yag diketahui pepes adalah makanan yang dimasak dengan cara dibungkus dengan daun pisang dan di dalam isinya terdapat lauk seperti ikan, ayam ,hingga jamur.

Lauk dibumbui dengan rempah dan biasanya pakai daun kemangi. Jamur sebagai bahan utama membuat hidangan ini akan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus bersama rempah. Dalam buku "100 Resep Sehat Lezat dari Tanaman Herbal & Bumbu Dapur" (2015) oleh Lenny Jusup terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menampilkan resep pepes jamur.

Resep pepes jamur

Bahan pepes jamur:

  • 200 gram jamur tiram, iris memanjang
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sdt bumbu jamur
  • 4 buah bawang merah iris tipis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Garam dan merica secukupnya
  • Daun pisang

Cara membuat pepes jamur:

  1. Pertama kocok telur dan campurkan dengan garam merica secukupnya serta bumbu jamur hingga merata.
  2. Tambahkan irisan bawang merah dan putih sambil terus diaduk. Lalu masukkan irisan jamur tiram.
  3. Tuang adonan jamur telur ke dalam bungkusan daun pisang dengan hati-hati. Bungkus sesuai selera dan pastikan terbungkus rapat.
  4. Kukus selama lebih kurang 20 menit. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat dan bisa disantap dengan nasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Pepes Jamur Tiram, Cuma Butuh 4 Bahan Utama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/04/120051375/resep-pepes-jamur-tiram-cuma-butuh-4-bahan-utama

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm