Ilustrasi tengkleng solo.
Ilustrasi tengkleng solo. ( Dok. Shutterstock/Jim photography)

5 Ide Masakan Untuk Mengolah Jeroan, Kulit Dan Kaki Agar Nikmat

4 Agustus 2020 15:03 WIB

SonoraBangka.id - Bau khas jeroan umumnya menjadi penyebab bahan makanan seperti jeroan, kulit dan kaki jarang diolah. Butuh keterampilan dalam mengolahnya untuk dijadikan masakan sehingga membuat jeroan jarang diolah oleh sebagian orang. Tetapi jika pandai mengolahnya, jeroan, kulit dan kaki akan menjadi masakan yang nikmat. Berikut ini Kompas.com merangkum resep hidangan jeroan, kulit dan kaki. Agar masakan yang dihasilkan nikmat, kamu wajib ikuti setiap proses memasak di resep.

1. Jeroan Gula Asam

Olahan jeroan ini memiliki rasa asam dan manis sesuai namanya.Sajian jeroan gula asam bisa dibuat dari jeroan sapi.Karena mengandung gula, tekstur jeroan yang dimasak menjadi lebih garing akibat karamelisasi gulanya. Mari coba buat di rumah resepnya.

2. Tengkleng Pedas

Makanan ini adalah hidangan khas orang solo untuk mengolah jeroan dan kaki kambing.Tengkleng adalah hidangan mirip gulai dengan kuah yang lebih encer. Kuah tengkleng yang mengandung banyak bumbu serta rasa pedas nikmatnya, membuat penikmatnya lupa jika masakan tengkleng sebenarnya berisi jeroan dan kaki. Sekarang, tak usah bingung lagi untuk mengolah jeroan dan kaki kambing. Buat jadi hidangan tengkleng pedas.

3. Sambal Goreng Krecek

Di Yogyakarta, kulit sapi bisa dibuat menjadi kerupuk kulit yang disebut krecek. Agar nilai rasa kerupuk krecek meningkat, warga setempat mengolahnya menjadi sambal pelengkap nasi yang disebut sambal krecek. Sampai sekarang, sambal krecek menjadi kuliner khas Yogyakarta selain gudeg. Sambal krecek sangat mudah dimasak sendiri di rumah. Kamu bisa ikuti resepnya dan manfaatkan persediaan kerupuk kulit yang kamu punya.

4. Mi Kocok Kikil Sapi 

Mi kocok bandung dengan kuah gurih akan lebih gurih dengan tambahan potongan kikil sapi.Pilihan yang tepat mencampur kikil sapi untuk tambahan mi kocok bandung. Kenikmatan rasa mi kocok kikil sapi bisa kamu hadirkan di rumah.

5. Lontong Kikil Surabaya

Kikil bisa juga diolah menjadi kuliner khas jawa lainnya, yakni Lontong Kikil Surabaya. Semangkuk lontong kikil Surabaya bisa cukup mengenyangkan untuk dijadikan sarapan di pagi hari juga. Agar kikil sapi empuk, rebus kikil dengan air kapur sirih dalam waktu yang lama.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Ide Resep Jeroan, Kikil, dan Kulit Sapi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/03/172000075/5-ide-resep-jeroan-kikil-dan-kulit-sapi?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm