Ilustrasi cloud bread
Ilustrasi cloud bread ( Shutterstock/SewCream)

Viral Di Tik Tok, Apa Itu Cloud Bread? Roti Awan Cocok Untuk Diet

4 Agustus 2020 20:27 WIB

SonoraBangka.id - Aplikasi TikTok kembali memunculkan kreasi roti viral baru yakni cloud bread setelah Korean garlic bread. Cloud bread merupakan roti yang lembut, ringan, dan mengembang seperti awan Sesuai namanya. Karena cara membuatnya yang begitu sederhana dan membutuhkan sedikit bahan sehingga roti ini sedang jadi tren terbaru di Indonesia.

Bukanlah hal baru di dunia kuliner, Cloud bread ternyata sejak lama jadi alternatife bagi para pelaku diet keto untuk dijadikan pengganti roti. Diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat. . Cloud bread mudah dibuat, menggunakan sedikit bahan, dan waktu pembuatannya tak lama. Dilansir dari The Kitchn, cloud bread jadi pilihan paling mudah untuk pengganti roti

Apa itu cloud bread?

Sejak tahun 70-an, cloud bread diperkenalkan lewat metode Diet Atkins. Dilansir dari Healthline, diet Atkins adalah diet rendah karbohidrat yang dicetuskan oleh Robert Atkins. Diet ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan beat badan. Intinya, diet ini mengklaim kalau kamu bisa menurunkan berat badan walaupun mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan lemak sebanyak yang kamu mau. Selama kamu menghindari makanan yang tinggi karbohidrat. Cloud bread punya tekstur ringan dan empuk, lebih mirip telur dadar yang tebal daripada sepotong roti. Cloud bread dibuat dari telur, cream cheese, baking powder, dan aneka perasa tambahan. Cloud bread bisa digunakan untuk aneka resep yang membutuhkan roti sebagai pengganti roti. Pasalnya, cloud bread tidak akan mengubah nutrisi yang kamu serap jika kamu sedang mengawasi asupan karbohidrat dan menghindari gluten. Karena rasanya yang ringan, kamu juga bisa memberikan aneka tambahan rasa pada cloud bread sesuai selera. Tak itu saja, roti ini juga bisa dijadikan roti untuk sandwich.

Cloud bread jadi menu diet

Cloud bread bisa jadi bagian dari diet apa pun. Baik diet rendah karbohidrat atau pun tanpa karbohidrat. Juga diet yang membutuhkan protein tinggi atau lemak tinggi. Itu termasuk keto, vegetarian, gluten-free, celiac, dan diet Atkins. Kamu yang mengikuti diet bebas produk susu seperti Paleo atau Whole30 bisa mengganti cream cheese dengan krim kelapa yang padat dan dingin. Namun penggantian ini akan mengubah sedikit rasa pada cloud bread.

Tips membuat cloud bread enak

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat cloud bread yang terbaik. Pertama, mulai dengan mangkuk yang bersih dan kering untuk mengocok putih telur. Mangkuk yang bersih akan memastikan putih telur terkocok dengan baik hingga kaku. Selain itu, pastikan pula tidak ada kuning telur yang tersisa, karena lemaknya akan mencegah putih telur terkocok maksimal. Hati-hati ketika melipat kuning telur ke dalam putih telur yang sudah dikocok kaku. Pastikan hanya melipat sampai keduanya tercampur rata. Jika kamu melipat terlalu banyak atau terlalu agresif, maka kamu akan kehilangan udara di dalam putih telur dan nantinya putih telur akan mengempes. Biarkan cloud bread yang sudah dipanggang untuk beristirahat sampai benar-benar dingin. Jika kamu mengambil cloud bread langsung dari loyang terlalu cepat, maka roti akan mudah robek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Cloud Bread yang Viral di TikTok? Roti Awan buat Menu Diet", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/04/161000275/apa-itu-cloud-bread-yang-viral-di-tiktok-roti-awan-buat-menu-diet?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm