Ilustrasi daging ayam.
Ilustrasi daging ayam. ( pixabay.com/byrev)

Mengapa Ayam Harus Dimasak Sampai Matang sempurna? Ini penjelasannya

6 Agustus 2020 06:38 WIB

SonoraBangka.id - Ada tingkat kematangan jika membuat steak daging sapi mulai dari rare atau sebagian besar mentah sampai well-done atau matang sempurna. Namun, hal itu tidak berlaku pada daging ayam. Melansir Healthline, daging ayam merupakan salah satu makanan yang dapat mengakibatkan keracunan. Pasalnya, daging ayam harus dimasak sampai matang sempurna. Mengapa bisa seperti itu dan bagaimana cara mengolah daging ayam dengan aman? Simak ulasan berikut.

Mengandung bakteri Salmonella dan Campylobacter

Akan meningkatkan risiko berkembangnya bakteri Salmonella dan Campylobacter  pada tubuh jika memakan ayam mentah. Tamika Sim, direktur Komunikasi Teknologi Pangan di International Food Information Council Foundation, mengatakan makan ayam mentah sama sekali tidak sebanding dengan risikonya. “Setelah kamu makan ayam mentah, yang dapat mengandung bakteri penyebab keracunan, tubuh akan melakukan respons kekebalan. Pada dasarnya, sel-sel khusus dalam tubuh akan melawan bakteri tersebut dan membunuhnya lalu mencoba mencegahnya berkembang biak atau menyebarkan racun berbahaya," kata Sim dilansir dari Healthline. Kebanyakan orang yang mengalami keracunan makanan akan pulih tanpa efek mengalami kompilasi. Namun, beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang lebih serius seperti gagal ginjal, radang sendi kronis, dan kerusakan otak dan saraf.

Gejala penyakit keracunan makanan dapat bervariasi, tetapi biasanya bisa terlihat dari mual, kram perut, diare, muntah dan dehidrasi. Kasus tersebut terjadi di Amerika Serikat. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 1 dari 6 orang Amerika, atau 48 juta orang, jatuh sakit karena penyakit yang disebabkan mengonsumsi makanan atau keracunan setiap tahun. Dari jumlah tersebut, 128.000 dirawat di rumah sakit dan 3.000 meninggal. Sedikitnya lebih dari 1 juta orang terinfeksi Salmonella setiap tahun dan lebih dari 800.000 orang terinfeksi bakteri Campylobacter. Menurut CDC, orang Amerika makan lebih banyak ayam setiap tahun daripada daging lainnya. Satu juta orang per tahun jatuh sakit karena memakan unggas yang terkontaminasi atau kurang matang.

Terkait keracunan daging ayam di Amerika Serikat, setiap restoran di AS yang menyajikan daging mentah, makanan laut, atau telur harus menyertakan peringatan tentang makanan tersebut dan tercantum dalam menu. Namun Dana Hunnes, PhD, ahli diet senior di Ronald Reagan Medical Center UCLA, menegaskan bahwa dampak negatif makan daging ayam mentah atau kurang matang lebih besar daripada kenikmatan saat menyantapnya.

Cara mengolah ayam yang aman

Orang yang memasak ayam mentah untuk mencegah penyakit agar mengikuti langkah-langkah dasar yang disarankan Food and Drug Administration (FDA) AS  yaitu membersihkan, memisahkan, dan memasak. Pertama, bersihkan tanganmu sebelum dan sesudah memegang ayam mentah, untuk menghindari kontaminasi silang. Kemudian pisahkan ayam mentah dan sarinya atau darahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mesin pendingin. Gunakan talenan dan pisau khusus untuk memotong ayam dan jangan menggunakannya untuk memotong bahan makanan lain. Selanjutnya, masak ayam sampai suhu bagian dalam daging minimal 74 derajat celsius.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Daging Ayam Tidak Boleh Dimakan Mentah?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/05/191900275/kenapa-daging-ayam-tidak-boleh-dimakan-mentah-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm