Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/FOTOKOSTIC)

Lakukan 3 Cara Berikut Agar Tomat Cepat Matang Setelah Dipetik

6 Agustus 2020 06:59 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu jenis buah dan sayuran yang akan terus matang setelah dipetik adalah tomat. Proses pematangan buah tomat akan sedikit melambat setelah dipetik. Kamu bisa mempercepat proses pematangan buah tomat di rumah jika kamu membutuhkan tomat yang matang. Prosesnya juga tidak memerlukan banyak alat. Berikut ini cara mematangkan buah tomat dengan cepat melansir dari The Spruce Eats.

1. Membungkus tomat

Tujuan dari pembungkusan buah adalah untuk memerangkap gas etilen tetap berada di sekitar buah, sehingga buah akan cepat matang. Dengan cara membungkus tomat dengan plastik, kantong kertas, atau kardus buah tomat dapat dimatangkan. Membungkus tomat dapat membantu mempercepat pematangan sebab buah termasuk tomat akan terus mengeluarkan gas bernama etilen. Gas etilen ini selain dikeluarkan oleh buah, juga dapat mematangkan buah ketika gas berada di sekitar buah. Dalam membungkus buah harus diperhatikan agar bungkus diberi rongga udara, seperti lubang pada plastik. Hal ini bertujuan agar alih-alih buah menjadi matang, justru akan membusuk. Jika pembungkus tidak diberi sedikit rongga udara, maka di dalam bungkus akan penuh dengan embun yang membuat basah buah dan menimbulkan jamur.

2. Membungkus tomat bersamaan dengan buah pisang

Kamu bisa bungkus buah tomat bersama-sama dengan buah pisang jika kamu ingin mempercepat proses pematangan buah tomat. Buah pisang adalah salah satu buah yang mengeluarkan gas etilen dalam jumlah banyak. Kalau tomat dibungkus bersamaan dengan buah pisang pada satu wadah, tentu akan semakin banyak gas etilen yang akan terperangkap di dalam bungkus, ini bagus untuk mematangkan tomat. Selain buah pisang, buah alpukat dan apel juga mengeluarkan gas etilen dalam jumlah banyak, kamu bisa pakai juga buah-buah tersebut.

3. Selalu awasi buah tomat yang sedang dimatangkan

Kamu harus rajin memeriksa setiap buahnya saat mematangkan buah tomat di rumah. Setiap buah tersebut akan matang dengan kecepatan yang berbeda-beda, jadi tomat perlu selalu diawasi. Kamu bisa periksa tingkat kematangan buah tomat dari ukuran, warna, dan aromanya. Perlu kamu ketahui bahwa buah tomat yang dimatangkan setelah dipetik, tidak akan memiliki kualitas yang sama dengan buah tomat yang matang di pohon. Namun buah tomat tetap bisa dipakai untuk bahan masakan yang enak. Setelah tomat matang, sebaiknya segera olah atau konsumsi karena buah tomat tidak tahan lama setelah matang. Agar kualitas tetap terjaga, simpan buah tomat pada suhu ruang dibanding di suhu kulkas. Sebab jika disimpan di kulkas, tomat akan cepat menjadi lembek. Jika stok buah tomat berlebihan, kamu bisa menyimpannya dengan cara membekukannya di freezer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Matangkan Tomat Segar dengan Cepat, Lakukan di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/05/180800275/3-cara-matangkan-tomat-segar-dengan-cepat-lakukan-di-rumah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm