Kapal Motor Surya Hasil Laut berhasil ditemukan di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (6/8/2020).
Kapal Motor Surya Hasil Laut berhasil ditemukan di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (6/8/2020). ( Ist/ Basarnas Babel)

KM Sinar Hasil Laut Akhirnya Ditemukan di Perairan Kepulauan Riau

6 Agustus 2020 21:08 WIB

SonoraBangka.ID - Kapal Motor (KM) Surya Hasil Laut GT 10, akhirnya ditemukan di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau, Kamis (6/8/2020).

Diberitakan sebelumnya, KM Surya Hasil Laut GT 10 diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak di perairan Pulau Bangka beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Basarnas Babel, Fazzli.

Sebagai informasi, KM Surya Hasil Laut GT 10 diduga mengalami kecelakaan dan hilang kontak pada Senin (3/8/2020) ketika berlayar dengan rute Tebas Pemangkat Pontianak-Pangkalbalam (Bangka).

Dugaan awal menyebutkan, lokasi kejadian itu diperkirakan berada di perairan Pulau Bangka.

Fazzli menuturkan, pada hari keempat operasi pencarian dan pertolongan, Kamis (6/8/2020), tim SAR gabungan mendapat informasi dari pemilik KM Surya Hasil Laut GT 10, Aciang, bahwa kapal tersebut berada di perairan Pulau Lalang Lingga, Kepulauan Riau.

"Kondisi KM Surya Hasil Laut mengalami mati mesin, saat itu kapal terombang-ambing dan mengikuti arah pergerakan angin dengan dibantu terpal yang dibentangkan di kapal tersebut dan menuju ke Selat Pulau Lingga Kepri," ungkap Fazzli.

Ia menambahkan, menurut pengamatan pandangan dari Kapten Ambo selaku nakhoda, KM Surya Hasil Laut GT 10 diperkirakan bergerak menuju Selat Lima berjarak sekitar 5 NM dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang.

"Pukul 09.35 WIB tadi kita sudah berkoordinasi ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjung Pinang untuk dapat menggerakkan RIB atau Potensi SAR terdekat guna cepat mengevakuasi para ABK tersebut," ucapnya.

Pada pukul 13.00 WIB, lanjut Fazzli, RIB 01 Tanjungpinang sudah bersandar di kapal tersebut. Tiga anak buah kapal (ABK) yang berada di dalam KM Surya Hasil Laut diketahui dalam keadaan selamat dan sehat. Kapal tersebut mengalami mati mesin.

"Saat ini sedang dilakukan jamper aki supaya kapal itu bisa hidup dan berjalan pelan-pelan akan diarahkan ke Pelabuhan Penuba Pos SAR Unit Siaga Lingga sambil menunggu kapal dari agen tiba," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Sempat Hilang Kontak, KM Sinar Hasil Laut Akhirnya Ditemukan di Perairan Kepulauan Riau

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm