Valentino Rossi menepikan motornya setelah mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020 (MotoGP)
Valentino Rossi menepikan motornya setelah mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020 (MotoGP) ( kompas.com)

Terungkap Penyebab Motor Rossi Mogok Tidak Ada Hubungan Dengan Panasnya Cuaca

6 Agustus 2020 19:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Akhirnya ditemukan oleh Yamaha untuk penyebab mogoknya mesin YZR-M1 yang digunakan oleh Valentino Rossi, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales. Walaupun solusinya mudah, tapi situasinya cukup sulit.

Masalah mogoknya M1 diyakini karena ada cacat komponen di bagian mesin. Tapi, tidak ada hubungannya dengan panasnya cuaca atau peningkatan kecepatan mesin, seperti yang dijelaskan oleh Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis.

Kalau komponen yang cacat sudah ditemukan, jalan keluarnya adalah harus diproduksi kembali dengan kualitas yang sudah ditentukan. Selanjutnya, Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge harus meminta persetujuan dari semua tim terkait penggantian komponen tersebut.

Di sinilah letak kesulitannya, karena spesifikasi mesin yang digunakan Yamaha untuk 2020 dan 2021 sudah dihomologasikan pada Maret lalu, bersamaan dengan pabrikan lainnya. Yamaha sudah menyegel semua mesin YZR-M1 dan semua sudah digunakan.

Segel tersebut hanya bisa dibuka oleh Jordi Perez, teknisi dari IRTA, kalau motor belum pernah meninggalkan pit dengan mesin tersebut.

Salah satu yang tidak bisa memberikan persetujuan pada Yamaha adalah Mike Leitner, Manajer Balap KTM. Menurutnya, masalah tersebut tidak ada hubungannya dengan keamanan. Tapi, bisa saja berhubungan dengan keamanan kalau mesinnya jebol hingga menyebabkan tumpahan oli yang tercecer di trek.

"Yamaha harus meminta persetujuan aliansi pabrikan MSMA agar menyetujui penggantian komponen tersebut," ujar Danny, dikutip dari Speedweek.com.

Menurut Danny, komponen yang diganti juga tidak boleh berkontribusi terhadap peningkatan performa. Keadaan yang serupa pernah terjadi beberapa tahun lalu di kelas Moto3.

Ketika itu, Honda, KTM, Mahindra, dan Peugeot, memiliki komponen mesin yang harus diganti di pertengahan musim. Alasan keamanan yang memperbolehkannya.

"Kami tahu aturannya. Kami sedang mencari semua opsi bagaimana kami bisa melepas bagian yang cacat tersebut," kata Lin Jarvis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Rossi yang Mogok Terungkap Cacat Produksi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/06/114200215/motor-rossi-yang-mogok-terungkap-cacat-produksi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm