Ilustrasi Ayam Goreng
Ilustrasi Ayam Goreng ( selerasa.com)

3 Cara Untuk Mengetahui Ayam Goreng Matang Sempurna Dan Aman Dimakan

9 Agustus 2020 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Bila dikonsumsi setengah matang daging ayam berbahaya bagi kesehatan. Apabila memasak daging ayam terlalu sebentar, daging berisiko akan tidak matang. Oleh karena itu memasak daging ayam, terutama hidangan ayam goreng atau ayam panggang terbilang riskan. Sebaliknya bila terlalu lama daging ayam akan kering dan sarinya keluar. Ada beberapa cara untuk mengetahui daging ayam sudah matang sempurna dan aman dimakan, terutama saat memasak seperti berikut:

1. Cek dengan termometer dapur

Kamu bisa gunakan termometer dapur jika kamu memasak hidangan ayam utuh dengan daging yang tebal, karena mungkin akan susah melihat kematangan ayam lewat penglihatan. Caranya adalah tusukan termometer pada daging ayam yang cukup tebal, lalu lihat apakah angka pada termometer sudah menunjukan angka suhu ayam matang yang sesuai? Menurut Chef Vindex Tengker kepada Kompas.com, tingkat kematangan daging ayam yaitu pada panas 73 derajat celsius.

2. Cek dengan menusukkan pisau ke daging ayam

Kematangan daging ayam  juga bisa kamu cek dengan cara menusukkan pisau ke daging ayam. Jika setelah ditusuk daging mengeluarkan cairan bening, berarti daging tersebut sudah matang. Sebaliknya, jika daging masih mengeluarkan darah artinya daging masih kurang matang.

3. Warna daging berubah menjadi putih

 Ciri-ciri ayam yang matang juga bisa dilihat dari perubahan warna daging ayam saat dimasak. Ayam yang sudah matang akan berubah menjadi warna putih dan terlihat juicy, tidak kering.  Jika kering artinya daging ayam terlalu matang. Chef Vindex juga menjelaskan bahwa biasanya ayam yang matang dengan baik dimasak dalam waktu 45 menit sampai 1 jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tahu Ayam Goreng Sudah Matang Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/07/101200875/cara-tahu-ayam-goreng-sudah-matang-sempurna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm