Tim SAR Gabungan sedang melakukan penyisiran korban di perairan sungai Manggar. Minggu (9/8/2020).
Tim SAR Gabungan sedang melakukan penyisiran korban di perairan sungai Manggar. Minggu (9/8/2020). ( Ist dok Dimas Basarnas Belitung / Pos Belitung.co / Suharli)

Kejadian Buaya Terkam Warga Kembali Terjadi, Kali Ini Saad Warga Beltim Menjadi Korban

9 Agustus 2020 18:41 WIB

SonoraBangka.id -- Kepala Pos SAR Belitung Rahmatullah Hasyim menyampaikan seorang warga  Kecamatan Manggar  Belitung Timur bernama Saad berusia 50 tahun diterkam buaya saat sedang mencuci timah di Sungai Manggar sekitar pukul 11.30 WIB, minggu (09/08/20).

“korban saat kejadian sedang membersihkan pasir timah di pinggiran sungai manggar, dan buaya menerkam korban dari belakang. ," ujar Rahmad kepada posbelitung.

Rahmat  mengatakan sempat ada saksi mata yang melihat korban di bawa buaya, yang kemudian mencoba menolong dengan cara di tabrak menggunakan perahu dan korban terlepas dari gigitan buaya, namun korban saat di cari hilang tidak ketemu.  

“Buaya yang menerkam warga di perairan sungai Manggar diperkirakan panjang empat meter, sempat kami melihat buaya ukurannya sekitar dua meter, tapi bukan buaya yang itu. Menurut saksi yang melihat ukuran buaya sekitar empat meter," ungkap Rahmat.

Proses pencarian korban diterkam buaya mengunakan dua perahu karet oleh tim sar gabungan.Mereka menggunakan metode circel dalam pecarian korban.

Masih menurut Rahmat seputaran sungai Manggar memang sering ditemui warga sekitar muncul buaya, namun kejadian diterkam buaya diarea tersebut baru kali ini terjadi.

Sementara Sugiarta, rekan korban mengungkapkan jika Saad sempat berteriak.Menurutnya saat kejadian memang tidak terlihat adanya buaya karena menyelam, tiba-tiba terdengar teriakan.

"Beliau itu ditepi. Teriak Beliau Aauu katanya, saya pikir panggil Tugau, ada kawan yang namanya Tugau soalnya. Saat saya noleh saya lihat tangan kiri beliau ini sudah digigit buaya, tangan kanan megang pelepah nipah, sekejab sudah ke dalam, posisi saya saat ngelimbang melihat beliau ditarik langsung saya lepas tali perahu, saya nyeberang sudah tidak terlihat lagi," ungkap Sugiarta kepada Posbelitung, Minggu (9/8/2020).

Sugiarta sempat melihat korban sudah diseberang dalam kondisi masih di tanganya ditarik buaya, lalu tenggelam kembali.Melihat kali keduanya, sugiarta menabrakan perahunya ke badan buaya sehingga korban dilepaskan, namun korban saat ini masih belum dapat ditemukan.

Sugiarta juga belum dapat memastikan korban kembali di bawa buaya tenggelam kedalam air.Pantauan Posbelitung Sugiarta bersama keluarga korban turut turun menyelam  mencari korban.



Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Diterkam Buaya Saat Mencuci Timah, Buaya Sepanjang Empat Meter Seret Mang Saad ke Dalam Sungai,

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm