ilustrasi asi di simpan dikulkas
ilustrasi asi di simpan dikulkas ( Shutterstock)

Jika Listrik Padam, Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Selamatkan ASI Perah ?

10 Agustus 2020 11:36 WIB

SonoraBangka.id - ASI merupakan makanan terbaik bayi sampai ia mampu mengonsumsi makanan lainnya.

Sibuk bekerja maupun banyak melakukan aktivitas di luar rumah sebenarnya bukan menjadi halangan untuk tetap memberikan ASI eksklusif.

Kebanyakan ibu bekerja menyimpan stok ASI perah nya di lemari es.

Tetunya agar tidak terkontaminasi, ASI perah harus di simpan pada suhu tertetu.

Agar ASI yang disimpan terjaga kualitasnya, penting juga untuk terlebih dahulu melakukan sterilisasi botol bayi atau kemasan penampung ASI perah yang akan didinginkan atau dibekukan. 

Nah, tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ibu menyusui yang sebagian wilayahya sering dilakukan pemadaman listrik cukup lama.

Mereka khawatir ASI perah yang disimpan di lemari es akan rusak.

Jika dihadapkan persoalan seperti ini, apa yag sebaikya ibu lakukan ? 

Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Pusat, Nia Umar mengingatkan untuk tidak membuka-tutup kulkas ketika listrik mati.

"Tutup saja terus kulkas jangan dibuka, dan jangan taruh apapun di kulkas kalau sudah mati lampu. Jangan dibuka-tutup," kata Nia di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Ibu bisa bentengi ASI perah dengan balok-balok es dan kertas koran yang diremas-remas agar suhu dingin tetap terjaga, jika kondisi listrik masih menyala.

Nia juga mengatakan bahwa kondisi ASI perah biasanya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah, jika titik beku masih terjaga.

Karena ASI memamg mempunyai bau yang khas maka jangan heran jika mencium aroma tersebut di kulkas.

Jangan juga terburu buru menyipulkan bahwa ASI tersebut basi, karena pada dasarnya jika titik beku itu masih ada maka ASI tersebut masih bagus.

Jika bayi tersebut menolak untuk mengkonsumsi ASI tersebut, maka itu artinya ASI tidak layak lagi untuk dikosumsi bayi. 

"Kalau menolak itu tanda dia enggak mau mengonsumsi. Tapi selama masih ada titik beku masih enggak apa-apa," ucap Nia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Selamatkan ASI Perah Saat Listrik Padam Berkepanjangan", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/05/105407320/tips-selamatkan-asi-perah-saat-listrik-padam-berkepanjangan.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm