Ilustrasi Bebek Goreng
Ilustrasi Bebek Goreng ( SHUTTERSTOCK/PUSPA MAWARNI168)

3 Cara Mengolah Daging Bebek Agar Empuk Dan Tidak Amis Saat Dimasak

10 Agustus 2020 14:34 WIB

SonoraBangka.id - Saat makan di resto ayam dan bebek goreng , masakan bebek sering jadi pilihan favorit, mungkin kamu juga termasuk penggemarnya. Bebek yang dijual di resto kesayangan kamu pasti enak, empuk, dan beraroma lezat. Nah, untuk menghemat uang jajan kamu juga bisa masak bebek yang enak, empuk, dan beraroma wangi di rumah. Butuh teknik khusus dalam memasak bebek agar hasilnya nikmat. Namun jangan khawatir, kamu bisa ikuti cara mengolah bebek agar empuk dan tidak amis berikut ini.

1. Hilangkan aroma amis bebek

Untuk mengolah bebek yang nikmat, kita harus perhatikan bagaimana cara menghilangkan bau amis. Dari pada ayam bebek mempunyai bau amis lebih tajam. Bau amis bebek bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Cara pertama adalah bebek direbus dengan air yang diberi bumbu dan rempah berupa serai, daun salam, jahe, daun jeruk dan lengkuas selama satu jam sebelum bebek dimasak jadi aneka hidangan. Cara kedua yaitu melumuri dan memarinasi daging bebek dengan perasan air jeruk nipis selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dan daging bebek siap dibumbui sesuai dengan resep.

2. Lunakan daging bebek

Dibandingkan dengan daging ayam daging bebek juga dikenal lebih alot jika cara mengolahnya kurang tepat. Sebelum bebek dimasak ada beberapa teknik persiapan yang harus dilakukan agar daging empuk dan tidak alot. Pertama, daging bebek bisa dilembutkan dengan cara direbus pakai beberapa potongan buah nanas ke dalam air rebusan. Kedua, yaitu ungkep daging bebek dengan bumbu dalam jangka waktu yang cukup lama, sekitar satu sampai satu setengah jam. Cara ini selain dapat mengempukkan daging bebek, juga dapat memberi kesempatan bumbu meresap sempurna ke dalam daging bebek.

Mengungkep daging bebek bisa dilakukan dengan memakai alat presto jika ingin lebih cepat dan praktis. Gunakan api besar terlebih dahulu sampai panci mendesis pada saat pakai presto. Kemudian kecilkan api ke api sedang dan presto selama satu jam. Sebaiknya gunakan wajan dari pada panci jika mengungkep daging bebek tanpa  presto. Lalu masukan bebek bersama bumbu yang sudah dilarutkan dengan air. Lalu masak dengan api sedang sampai air habis.

Sebaiknya perhatikan juga cara menyusun daging bebek pada presto atau wajan saat diungkep. Susun bagian daging bebek mulai dari yang berdaging tebal diletakkan pada dasar wajan. Lalu, semakin ke atas, letakkan bagian daging bebek yang berdaging tipis. Cara ini betujuan agar daging yang tebal bisa empuk karena dekat dengan sumber panas.

3. Perhatikan cara menggoreng daging bebek

Setelah beberapa teknik persiapan di atas, daging bebek siap untuk digoreng dan diberi aneka bahan tambahan lain. Proses penggorengan daging bebek tidak perlu dilakukan terlalu lama agar bagian luar daging bebek tetap garing dan tidak gosong. Daging bebek siap disajikan dengan aneka bumbu dan sambal khas Nusantara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Daging Bebek Agar Empuk dan Tidak Amis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/09/180600575/cara-masak-daging-bebek-agar-empuk-dan-tidak-amis?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm