Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat (Kompas.com/Setyo Adi)
Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat (Kompas.com/Setyo Adi) ( kompas.com)

Tren Penjualan Mobil Bekas Akan Semakin Meningkat Jelang Akhir Tahun

10 Agustus 2020 17:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Diprediksi akan segera membaik Penjualan mobil bekas  dibandingkan saat masa awal pandemi. Tren positif penjualan mobil bekas mulai terlihat pada Juni dan Juli lalu, yang mana terjadi peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Herjanto Kosasih, sebagai Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, peningkatan penjualan mobil bekas telah mencapai 40 sampai 50 persen dari keadaan normal yang berada di kisaran 2.000 unit per bulan.

Menurut Herjanto, keadaan ini terjadi sebab beberapa masyarakat tidak mau menggunakan transportasi umum sehingga beralih menggunakan kendaraan pribadi. Mobil bekas dipilih sebagai alternatif yang dapat dijangkau sejumlah kalangan.

“Tren model-modelnya masih sama, tapi sekarang konsumen yang datang ke showroom biasanya butuh cepat. Enggak keliling-keliling dan mikirin model,” ujar Herjanto, kepada Kompas.com (10/8/2020).

“Biasanya kami bantu, konsumen tinggal bilang aja punya uang berapa. Kami carikan model dan skema kredit yang pas,” kata Herjanto.

Ditambahkan Herjanto, tren penjualan mobil bekas akan semakin meningkat jelang akhir tahun. Herjanto mengatakan, rencana libur panjang pada Desember dapat memicu penjualan mobil bekas.

“Untuk dipakai akhir tahun, biasanya pedagang cari dari sekarang. Nanti konsumen mulai beli di bulan September, Oktober, November buat dipakai di Desember,” ucap Herjanto.

Hal yang sama disampaikan Ichmeralda Rachman sebagai Direktur Marketing OLX Indonesia . Menurutnya pasar mobil bekas akan kembali pulih dalam tiga bulan ke depan.

“Sebagian besar permintaan penjualan mobil sebenarnya tidak hilang, tapi tertunda,” ujar Ichmelda, dalam keterangan tertulis (7/8/2020).

Ichmelda mengatakan, pihaknya mencatat sejak Juni lalu, pencarian mobil bekas berangsur normal, yakni di kisaran 80 persen.

“Data barometer kami menunjukkan total pencari mobil bekas pada Juni 2020 naik sekitar 6 persen jika dibandingkan April 2020 saat PSBB diterapkan,” katanya.

Adapun dari sisi penawaran mobil bekas di platform OLX, jumlah listing pada Juni lalu terjadi peningkatan sekitar 35 persen dibandingkan Mei 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjualan Mobil Bekas Diprediksi Pulih Jelang Akhir Tahun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/10/112200315/penjualan-mobil-bekas-diprediksi-pulih-jelang-akhir-tahun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm