Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau ( Thinkstockphotos )

Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Buat Panjang Umur ?

11 Agustus 2020 07:57 WIB

               

SonoraBangka.id - Teh hijau sudah lama terkenal sebagai jenis teh super sehat.

Studi mengenai manfaat konsumsi teh terhadap kesehatan terus dilakukan.

Yang terbaru, disebutkan bahwa peminum teh akan hidup lebih lama daripada mereka yang tak meminumnya. 

Studi ini dilakukan di China dengan melibatkan 10.000 orang dewasa peminum teh selama sekitar 7 tahun.

Di China teh hijau adalah varian yang paling populer.  

Peserta diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu peminum teh rutin (tiga kali atau lebih dalam seminggu) dan peminum teh tidak rutin atau tidak minum teh sama sekali (kurang dari tiga kali seminggu).

Hasil penelitian menyebut, peminum teh rutin lebih rendah risikonya terkena penyakit jantung dan stroke yang fatal.

Karena kandungan polifenol yang ditemukan dalam teh telah terbukti melindungi diri terhadap penyakit jantung, maka itu sebabnya peminum teh cenderung berumur lebih panjang dibanding bukan peminum teh.

Senyawa bioaktif ini terbukti dapat melemahkan stres oksidatif, meredakan peradangan, meningkatkan fungsi sel endotel dan kardiomiosit di jantung.

Hal ini terungkap melalui studi mekanisme yang telah dilakukan.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology, penulis utama Dr Xinyan Wang mengungkapkan: "Efek kesehatan yang yang paling kuat untuk teh hijau dan untuk peminum teh jangka panjang,” tulis Wang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/12/093445720/rajin-minum-teh-hijau-memperpanjang-umur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm