Ilustrasi
Ilustrasi ( KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN )

Sajikan Dengan Plecing Kangkung, Ini Cara Membuat Bebek Taliwang

11 Agustus 2020 14:30 WIB

SonoraBangka.id - Ayam taliwang berupa ayam bakar yang dibumbui dengan cabai merah dengan terasi dan kencur merupakan kuliner terkenal khas Lombok. Bumbu taliwang juga cocok dipadukan dengan bebek selain ayam, sebagai bahan bakunya. Rasa bebek taliwang sama enaknya dengan ayam taliwang. Berikut ini resep bebek taliwang yang dibagikan oleh Chef Ardian Wahyu Normansyah dari Four Points by Sheraton Pakuwon Indah kepada Kompas.com yang bisa kmau coba di rumah.

Resep bebek taliwang

Bahan:

  • Daging bebek muda
  • Cabai merah besar
  • Cabai rawit
  • Cabai keriting merah
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Terasi bakar
  • Kencur Lengkuas
  • Ketumbar, disangrai
  • Kemiri, disangrai

Cara membuat bebek taliwang:

  1. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit, cabai keriting merah, bawang merah, bawang putih, terasi, kencur, lengkuas, ketumbar dan kemiri.
  2. Panaskan wajan, isi dengan minyak untuk menumis. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum, kira-kira selama 5 menit.
  3. Setelah bumbu harum, masukkan daging bebek. Aduk rata dan ungkep bebek selama 1 jam dengan api kecil. Pastikan tidak gosong atau terlalu matang.
  4. Panggang bebek di dalam oven dengan suhu rendah selama 1 jam. Hal ini untuk memastikan bumbu taliwang meresap dan bebek empuk. Pada saat dipanggang, balik bebek sebanyak dua kali yaitu pada 30 menit pertama dan 30 menit terakhir. Cara ini dilakukan agar daging bebek matang merata. Sajian taliwang biasanya dibakar dengan arang tetapi pakai oven pun tak masalah.
  5. Bebek taliwang siap disajikan. Lebih enak disantap bersama plecing kangkung, beberuk terong, lalapan kacang panjang, dan sambal cobek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bebek Taliwang Pedas, Sajikan Pakai Plecing Kangkung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/11/111100775/resep-bebek-taliwang-pedas-sajikan-pakai-plecing-kangkung.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm