Ilustrasi Roti Pisang Banjar
Ilustrasi Roti Pisang Banjar ( Dok. Banjarmasin Post/Yayu Fathilal )

Tanpa Mixer Dan Oven, Berikut Cara Membuat Roti Pisang Banjar

11 Agustus 2020 15:58 WIB

SonoraBangka.id -  Namanya boleh roti, kue khas dari Banjar,Kalimantan Selatan adalah roti pisang banjar. Memiliki bentuk yang mirip kue bingka atau kue lumpur ,roti pisang banjar memiliki rasa manis dari pisang dan gurih dari santan. Jika kamu ingin membuat kue tanpa perlu alat mixer dan oven, roti pisang banjar bisa dijadikan pilihan. Berikut resep Roti Pisang Banjar dari Sajian Sedap:

Roti Pisang Banjar

Bahan:

  • 25 gram margarin
  • 175 gram (5 buah) pisang barangan, dibelah 2 lalu potong 1/2 cm
  • 275 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 butir telur

 Cara Membuat roti pisang banjar:

  1. Panaskan margarin di wajan anti lengket. Kemudian masukkan pisang. Masak pisang sampai setengah matang kemudian sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan santan dan masak sampai mendidih. Aduk-aduk santan saat dimasak, agar santan tidak pecah.
  3. Siapkan mangkuk. Isi dengan terigu, gula pasir, dan garam. Aduk bahan tersebut sampai tercampur rata.
  4. Di tempat terpisah, kocok telur sampai kental. Kemudian tambahkan campuran tepung, aduk perlahan. Terakhir masukkan santan, aduk rata.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan. Tuang adonan ke cetakan kue lumpur (snack maker) kalau tidak punya kamu bisa pakai teflon anti lengket. Baca juga: Resep Kue Dadar Gulung, Camilan Tradisional yang Mudah Dibuat
  6. Setelah adonan kue setengah matang, tata potongan pisang di atasnya. Tutup dengan tutup panci. Diamkan sampai matang.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Roti Pisang Banjar, Tidak Perlu Mixer dan Oven", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/10/200300275/resep-roti-pisang-banjar-tidak-perlu-mixer-dan-oven.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm