Ilustrasi menanam seledri dalam pot tanah.
Ilustrasi menanam seledri dalam pot tanah. ( SHUTTERSTOCK/LINDA COOKE WORDS AND IMAGES )

Hanya Dengan Metode Air, Berikut Cara Menanam Seledri Dari Sisa Akar

12 Agustus 2020 12:17 WIB

SonoraBangka.id  - Jangan buang sisa potongan akarnya sehabis memasak seledri. Potongan tersebut bisa kamu tanam kembali. Akan menjadi kegiatan yang seru baik untuk diri sendiri dan juga buah hati ketika menanam kembali potongan seledri. Selain itu, metodenya hanya pakai air. Melansir All Recipes, berikut ini cara menanam kembali potongan seledri yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 


1. Potong ujung akar

Ujung akar seledri diiris sekitar sekitar 2 inci atau 5 cm. Dengan jarak yang sama masukkan 4 tusuk gigi di sekitar seledri, sekitar 1 ½ inci atau 4 cm dari bawah.

2. Tempatkan dalam air

Seledri ditaruh dalam mangkuk atau stoples kaca yang dangkal. Isi dengan air secukupnya untuk merendam 1 inci atau 3 cm ujung akar. Letakkan mangkuk atau stoples di tempat yang terkena cahaya matahari selama beberapa jam sehari. Setiap beberapa hari sekali ganti airnya, pastikan ujung akar seledri selalu terendam. Tusuk gigi di sekitar sisi seledri berfungsi menjaga seledri tidak menyentuh dasar mangkuk. Hal ini bisa mencegah batangnya membusuk.

3. Perhatikan pertumbuhan seledri

Kamu akan mulai melihat daun kecil bermunculan setelah beberapa hari. Dalam waktu sekitar seminggu, batang daun kecil dan akar kecil muncul di sekitar pangkal. Batang yang dipotong di sekitar pangkal luar mungkin mulai rusak dan berubah menjadi coklat. Jangan panik, ini normal. Namun, jika kamu membiarkan seledri terendam air terlalu lama, batang luarnya akan membusuk, jadi sebaiknya segera pindahkan seledri ke media tanah.

4. Penanaman kembali di tanah

Kamu bisa menanam seledri di tanah ketika sudah tumbuh akar baru berukuran sekitar satu inci. Pilih campuran tanah tanpa pestisida, dan cocok untuk sayuran dan herba jika kamu menanamnya di tanah pot, Buat lubang dalam dan cukup lebar untuk menahan tanaman dari ujung akar hingga ujung batang. Taruh seledri ke dalam tanah. Lalu padatkan tanah dengan hati-hati supaya ujung potongan dan daun pada batang tetap berada di atas tanah. Jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah. Seledri tumbuh subur di cuaca sejuk dan tanah subur, jadi taruh seledri di tempat yang teduh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tanam Seledri dari Sisa Akar, Pakai Air Saja", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/11/160600475/cara-tanam-seledri-dari-sisa-akar-pakai-air-saja.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm