Ilustrasi tamago kake gohan khas Jepang. Terdiri dari nasi panas, telur mentah, dan kecap asin.
Ilustrasi tamago kake gohan khas Jepang. Terdiri dari nasi panas, telur mentah, dan kecap asin. ( SHUTTERSTOCK/GONTABUNTA)

4 Fakta Alasan Orang Jepang Suka Makan Telur Mentah Saat Sarapan

13 Agustus 2020 06:38 WIB

SonoraBangka.id - Menu sarapan khas Orang Jepang yaitu nasi putih panas dan telur mentah atau disebut tamago kake gohan (TKG). Di tengah masyarakat Jepang hidangan ini sangat populer. Biasanya tamago kake gohan dicampur dengan kecap asin untuk menambah rasa. Siapa saja bisa membuat hidangan ini di rumah. Hidangan ini bahkan mampu membuat orang asing merasa penasaran. Lalu mengapa orang Jepang suka makan telur mentah? Dilansir dari Tsunagu Japan berikut ini alasan orang Jepang suka makan telur mentah.

1. Ada peraturan khusus untuk peternakan ayam petelur di Jepang

Kekhawatiran tentang makan telur mentah di beberapa negara adalah hal yang wajar. Jepang, telah menemukan metode untuk memastikan cara mengonsumsi telur mentah dengan aman. Negara Jepang menerapkan prosedur dan peraturan yang ketat untuk produksi telur, untuk meminimalkan keracunan salmonella dari telur. Risiko keracunan bakteri samonella dari telur mentah bisa menimbulkan penyakit diare yang bisa berlangsung selama 4-7 hari. Kasus yang lebih parah bahkan bisa berakibat fatal. Nah,  Peraturan sanitasi untuk peternakan ayam Jepang lebih ketat daripada di negara lain, peternak ayam Jepang memakai lebih banyak alat pelindung saat memasuki kandang. Tindakan pencegahan ekstra juga dilakukan untuk mencegah ayam bersentuhan dengan sumber penularan seperti burung liar, serangga, dan hewan lainnya.

2. Pengujian telur secara keseluruhan

Setiap telur dimasukkan ke dalam mesin yang mencuci, mensterilkan, dan memeriksa kualitas telur ayam setelah telur dikumpulkan dari peternakan. Telur yang tidak bagus akan dibuang secara otomatis. Telur diperiksa dengan teliti agar tidak ada yang retak dan kotor. Bakteri pada telur bahkan bisa dilacak dengan mesin tersebut.

3. Jangka waktu distribusi telur dilakukan dalam waktu singkat

Telur segera dikirim ke toko, setelah proses uji kualitas, sehingga akan dikonsumsi saat masih sangat segar. Telur di Jepang, diperlakukan seolah-olah akan dikonsumsi mentah, sehingga tanggal kadaluwarsa biasanya ditetapkan hanya 2 minggu setelah diproduksi. Masa kedaluwarsa tersebut jauh lebih pendek dibanding negara lain. Cara tersebut juga merupakan ukuran lain untuk memastikan bahwa telur akan dimakan selagi segar.

4. Cara orang Jepang membuat tamago kake gohan

Nasi panas, telur mentah, dan kecap asin adalah 3 bahan yang dibutuhkan untuk membuat tamago kake gohan, Nasi ditaruh dalam mangkuk, buat ruang di tengah nasi untuk meletakkan telur. Telur dipecahkan di mangkuk terpisah dan tambahkan kecap asin sesuai selera, kemudian telur dituangkan ke dalam lubang yang sudah dibuat di nasi. Nasi dan telur dicampur rata. Sebagian yang lain lebih suka tidak mengocok telur sama sekali, namun beberapa orang juga lebih suka mengocok telurnya dan menambahkan saus ke dalam mangkuk terpisah terlebih dahulu. Sebagian orang  lagi lebih suka membuang putih telur dan hanya menggunakan kuning telur. Belakangan ini muncul inovasi dari tamago kake gohan yang disebut fuwa fuwa. Fuwa fuwa dibuat dari putih telur yang dikocok sampai menjadi busa yang lembut dan ringan. Di Jepang juga sudah ada mesin khusus untuk fuwa fuwa yang mempermudah proses pembuatan hidangan telur tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Orang Jepang Suka Sarapan Telur Mentah? Ketahui 4 Fakta Ini...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/11/153101675/kenapa-orang-jepang-suka-sarapan-telur-mentah-ketahui-4-fakta-ini?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm