Pat Jook, bubur beras merah dengan kacang merah ala Korea.
Pat Jook, bubur beras merah dengan kacang merah ala Korea. ( Dok. Korean Bapsang)

Cara Membuat Pat Jook, Bisa Sebagai Camilan Dan Sarapan Yang Sehat

13 Agustus 2020 08:08 WIB

SonoraBangka.id - Di Korea, bubur sering dijadikan makanan untuk orang yang sedang sakit, sama halnya seperti di Indonesia. Jook adalah sebutan untuk bubur beras orang Korea. Namun demikian jook juga bisa disantap sebagai camilan dan sarapan yang sehat. Masakan bubur di korea bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti kacang merah. Bubur dari campuran beras dan kacang merah disebut dengan pat jook. Pat jook memiliki rasa yang manis dan bertekstur lembu. Makanan ini juga bisa dijadikan pengganti nasi putih biasa tanpa menambahkan gula ke dalam bubur. Dilansir dari The Spruce Eats , berikut ini resep pat jook.

Resep pat jook ( Bubur Beras Kacang Merah)

Bahan:

  • 1 cup kacang merah manis (direndam selama 2 jam)
  • 3/4 cup beras (rendam selama 30 menit)
  • 2 sendok teh garam
  • 8 gelas air
  • gula untuk perasa secukupnya
  • kue beras manis (opsional)

Cara membuat pat jook:

  1. Siapkan semua bahan, rebus kacang merah selama beberapa menit. Kemudian buang airnya.
  2. Isi kembali panci berisi kacang dengan 8 gelas air. Rebus kacang sampai lunak sekitar 2-3 jam. Kamu bisa menggunakan slow cooker atau rice cooker untuk menghemat gas.
  3. Ambil sekitar 2 cup air rebusan kacang. Sisihkan, ;alu saring kacang dari sisa air dan tiriskan. 4. Tambahkan garam ke dalam kacang dan haluskan kacang dengan saringan di atas mangkuk.
  4. Siram air ke kacang yang sedang dihaluskan dan lanjutkan menghaluskan kacang sampai menghasilkan 7 cup kacang halus. Buang sisa kulit kacang pada saringan.
  5. Tambahkan air rebusan kacang yang disisihkan sebelumnya ke dalam kacang merah halus.
  6. Diamkan cairan kacang sampai muncul endapan.
  7. Siapkan panci, masukkan beras dan cairan kacang tanpa endapannya. Rebus sampai mendidih lalu kecilkan api saat sudah mendidih.
  8. Rebus dengan api kecil selama 8 menit, sampai beras lunak.
  9. Tambahkan 1 sendok biji kacang merah ke dalam jook. Aduk-aduk bubur agar tidak gosong. 11. Jika kamu ingin menyajikannya dengan kue beras manis. Potong-potong kue beras berbentuk kotak kecil dan masukan ke dalam jook yang hampir matang.
  10. Sajikan semangkuk bubur dengan gula atau garam secara terpisah agar bisa ditambahkan sesuai selera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bubur Beras Kacang Merah ala Korea Pat Jook, Cocok untuk Makanan Anak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/12/080300775/resep-bubur-beras-kacang-merah-ala-korea-pat-jook-cocok-untuk-makanan-anak?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm