Ilustrasi Kaldu Ayam
Ilustrasi Kaldu Ayam ( Shutterstock)

Menggunakan Sisa Tulang, Berikut Cara Membuat Kaldu ayam Jernih

15 Agustus 2020 12:42 WIB

SonoraBangka.id - Sebuah kebutuhan yang penting untuk memiliki stok kaldu ayam di rumah. Kaldu ayam cair bisa diolah menjadi aneka makanan praktis karena sudah menyimpan rasa yang kuat. Memanfaatkan kaldu ayam buatan rumah juga bisa bagi kamu yang sering membuat mpasi Bahan-bahan yang mudah diperoleh, yakni sisa tulang ayam, dan beberapa jenis sayuran sehingga tidak sulit untuk membuat kaldu ayam di rumah. Agung Budiharto Executive Chef The Groves Suites by Grand Aston, memberikan beberapa cara untuk membuat kaldu ayam atau chicken stock yang baik dan kaya rasa.

Rebus tulang ayam

Dalam program #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel Agung mengatakan bahwa “Tulang ayam kita rebus dulu untuk menghilangkan darahnya. Terus kita cuci bersih,” Tulang ayam yang sudah dipotong-potong, kemudian direbus sebentar dengan air mendidih. Ketika kotoran dan darah yang menempel pada ayam sudah hilang dan mengambang di air rebusan, angkat ayam lalu cuci bersih dan sisihkan. Langkah ini juga bisa membuat kaldu yang kamu masak nantinya jadi lebih jernih.

Gunakan sayuran

Setelah itu, panaskan panci baru yang bersih. Tuang sedikit minyak, lalu tumis sayuran dengan minyak. Agung menyarankan untuk menggunakan bawang bombai, daun bawang, seledri, dan wortel yang dipotong kasar. Setelah ditumis sebentar, tuang air secukupnya. Baru masukkan tulang ayam yang sudah direbus dan dicuci tadi.

Rebus perlahan

Merebus tulang ayam dan sayuran tadi menggunakan api kecil adalah Langkah terakhir. Penggunaan api kecil ini akan membiarkan ayam dan sayuran mengeluarkan rasa yang benar-benar kuat secara perlahan. “Itu chicken stock prosesnya memang agak lumayan. Bikin (kaldu ayam) sekitar 1-2 jam. Bagusnya sih 4 jam ya. Jadi benar-benar simmering (memasak dengan api kecil), nanti kita akan dapat kaldu yang benar-benar bagus,” pungkas Agung. Matikan api lalu saring tulang ayam dan sayuran agar kaldu jernih, setelah kaldu selesai dimasak. Kamu bisa menyimpan kaldu ini sebagai stok persiapan memasak di esok hari. Simpan kaldu dalam wadah tertutup kedap udara dalam chiller lemari es agar awet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Kaldu Ayam Jernih, Pakai Sisa Tulang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/13/121200175/cara-membuat-kaldu-ayam-jernih-pakai-sisa-tulang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm