Biskuit lady finger untuk bikin tiramisu.
Biskuit lady finger untuk bikin tiramisu. ( Dok. Shutterstock/geniuscook_com)

Hanya Membutuhkan 4 bahan, Berikut Cara Membuat Lady Finger

15 Agustus 2020 14:14 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu elemen penting dalam membuat tiramisu adalah biskuit lady finger. Biskuit lady finger dicelupkan ke sirup kopi untuk menjadi dasar kue sekaligus pembatas adonan campuran telur, gula, dan keju mascarpone dalam tiramisu. Kamu bisa membuat biskuit lady finger sendiri di rumah ketimbang membelinya, Hal ini bisa mengirit uang belanja sekaligus mengatur ukuran biskuit sesuai wadah tiramisu. Apalagi bagi kamu yang ingin merintis usaha tiramisu dessert box. Berikut adalah resep lady finger dikutip dari Allrecipes. Jika tak habis digunakan untuk tiramisu, kamu bisa makan langsung atau membuat jadi campuran puding.

Resep biskuit lady finger

Bahan:

  • 4 butir telur ukuran besar, pisahkan kuning dan putih telurnya
  • 80 gram gula pasir (kurangi kalau tak mau biskuit manis)
  • 100 gram tepung terigu serba guna
  • 1/2 sendok teh baking powder

 Cara membuat biskuit lady finger:

  1. Panaskan oven sengan suhu 250 derajat Celcius. Siapkan loyang ceper ukuran ovenmu, lapisi dengan kertas baking agar biskuit tak menempel saat matang. Baca juga: Resep Puding Custard Kukus ala Jepang, Disiram Saus Karamel
  2. Kocok telur putih di mangkuk dengan mixer kecepatan tinggi. Kocok sampai telur mengembang, kemudian tambahkan dua sendok makan gula pasir. Kocok lagi sampai telur kaku dan mengilap.
  3. Di mangkuk lain, kocok telur merah dan tambahkan sisa gula. Kocok sampai kental dan warnanya berubah pucat.
  4. Campurkan tepung terigu dan baking powder. Kemudian masukkan setengah adonan putih telur ke adonan kuning telur. Aduk lipat dengan spatula. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder, aduk lipat lagi. Masukkan sisa adonan putih telur, aduk lipat lagi.
  5. Masukkan adonan yang sudah tercampur ke plastik segitiga. Semprot di atas kertas baking yang sudah ada di loyang sesuai ukuran yang kamu inginkan.
  6. Panggang selama delapan menit, angin-anginkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Lady Finger untuk Tiramisu, Cuma Butuh 4 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/15/122800575/resep-lady-finger-untuk-tiramisu-cuma-butuh-4-bahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm