Ban Tubeless (Foto: Istimewa)
Ban Tubeless (Foto: Istimewa) ( kompas.com)

Meski Memiliki Kelebihan, Ini Kekurangan Pakai Cairan Penambal Ban

15 Agustus 2020 16:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Supaya memudahkan pengendara sepeda motor, banyak perusahaan yang menawarkan cairan penambal ban atau tire sealant. Meski memiliki kelebihan, tapi tak banyak yang paham akan kekurangannya.

Ban tubeless saat tertusuk benda tajam, tidak akan langsung kempis. Udara akan keluar sedikit demi sedikit melalui lubang tersebut.

Beberapa perusahaan pun berinovasi dengan memproduksi cairan khusus untuk menambal lubang kecil tersebut. Cairan penambal ban atau tire sealant ini dapat berubah sifat menjadi elastis yang pekat ketika mendapat tekanan.

Pada saat cairan ini merembes di lubang yang bocor, cairan yang berubah sifatnya tadi akan menutupi lubang tersebut. Sehingga, udara di dalam ban akan tertahan dan mencegah ban kempis.

Cairan ini banyak dijadikan alternatif dari menambal ban, karena jauh lebih praktis. Tapi, sebenarnya penggunaan cairan penambal ban ini tidak tepat jika digunakan pada motor harian.

Jimmy Handoyo, sebagai Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR, mengatakan, metode penambalan manual merupakan solusi paling tepat ketika ban terjadi kebocoran.

"Kita tidak pernah merekomendasikan untuk menggunakan cairan penambal ban, karena dari segi senyawanya juga berbeda. Ke ban mungkin enggak masalah, tapi bisa saja peleknya yang jadi korban. Nanti imbasnya akan ke ban juga," ujar Jimmy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Jimmy, cairan penambal ban juga berpotensi membuat pentil ban menjadi tersumbat. Dampaknya, ban akan sulit diisi udara ketika tekanannya berkurang.

Ucok Marbun, dari Vidici Tire Shop di Depok mengatakan, cairan penambal ban tidak perlu dipakai jika motor digunakan untuk harian. Masalahnya, ban tubeless juga mampu menahan ban tidak langsung kempis. Sehingga, pengendara punya waktu untuk tetap berkendara sampai ke tukang tambal ban terdekat.

"Pernah ada kasus, di mana motor konsumen ada yang menggunakan cairan penambal ban, tapi dibiarkan hingga setahun lebih. Ketika ban dibuka, bibir pelek sudah karatan. Ini yang membuat ban motornya sering kali kempis," kata Ucok.

Cairan penambal ban bisa dipakai kalau hendak bepergian jauh seperti touring ke luar kota. Apalagi saat melewati pedalaman atau daerah perbatasan, di mana jarang terdapat tukang tambal ban. Namun, setelah touring selesai juga disarankan untuk menguras atau membuang cairan penambal ban tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Kira Aman, ini Dampak Buruk Pakai Cairan Penambal Ban", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/14/193100315/jangan-kira-aman-ini-dampak-buruk-pakai-cairan-penambal-ban.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm