Ilustrasi daging giling dalam plastik ziplock.
Ilustrasi daging giling dalam plastik ziplock. ( Dok. Shutterstock/Mashed)

Cara Menyimpan Daging Giling Dan Cara Mencairkannya Sebelum Digunakan

17 Agustus 2020 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Pasta, tumisan sayur, atau camilan seperti risol adalah beberapa resep masakan yang memerlukan daging giling untuk bahannya. Terkadang daging giling yang dibeli, tidak langsung habis dipakai. Oleh karena itu sisanya bisa dibekukan. Cara menyimpan daging giling yang benar dapat membantu kamu menghemat ruang di freezer dan membuatnya proses mencairkan daging jadi lebih cepat. Melansir The Kitchn, berikut cara membekukan daging giling dan cara mencairkannya sebelum digunakan.

1. Cara menyimpan daging giling di freezer

Porsikan daging giling menjadi ukuran porsian satu kali masak adalah tahap-tahap membekukan daging giling . Cara ini membantu kita mengorganisir bahan masakan. Kemudian masukan ke dalam plastik zip lock. Pipihkan daging setebal 2 cm dengan rolling pin (penggiling adonan) atau botol kaca, secara lembut sebelum segel dikunci,. Lalu keluarkan udara di dalam plastik dan kunci sealnya. Bekukan daging ke dalam freezer. Ubah posisi daging di freezer dari tumpukan lalu ditegakkan setelah beku. Posisi ini bisa menghemat ruang. Gunakan mesin vakum untuk mengemas daging ke plastik jika kamu punya mesin vakum. Memipihkan daging sebelum dibekukan juga bertujuan untuk mengeluarkan udara pada daging, sehingga daging beku tidak kering dan lebih awet. Jangan lupa juga untuk memberi tanda di plastik, berupa tanggal daging dibekukan dan berat daging.

2. Cara cepat mencairkan daging giling beku

Dibanding daging beku biasa, daging giling beku lebih cepat cair. Semakin pipih bentuk daging giling sebelum disimpan dalam freezer, maka akan semakin cepat pula mencair ketika dikeluarkan dari freezer. Kamu bisa cairkan daging giling beku dengan beberapa cara. Pertama, cairkan daging beku di suhu kulkas. Daging akan mencair selama 2 jam. Kedua, cairkan daging di dalam microwave. Daging akan mencair dalam waktu kurang dari 5 menit. Cara yang paling sederhana dan cepat, kamu bisa menaruh daging yang masih dalam plastik zip lock di dalam wadah, lalu letakan di bawah air keran yang mengalir. Biarkan air mencairkan daging selama 5-10 menit. Daging giling siap dipakai. Sebagai catatan, daging giling segar maksimal harus di bekukan dalam waktu dua hari setelah pembelian. Daging giling beku bisa bertahan hingga empat bulan. Ketika sudah dicairkan, daging beku tidak boleh disimpan kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nyetok Daging Giling, Cara Simpan dan Cairkan Daging Beku dari Freezer", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/16/130900375/nyetok-daging-giling-cara-simpan-dan-cairkan-daging-beku-dari-freezer?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm