Ilustrasi Telur Balado
Ilustrasi Telur Balado ( digtara.com)

Cara Membuat Telur Balado, Lauk Pendamping Nasi Kuning Tumpeng

17 Agustus 2020 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Kamu cuma punya bahan telur dan bingung mau makan apa? Jangan khawatir kamu bisa mengolah telur rebus jadi makanan nikmat yaitu telur balado. Telur balado ini sangat cocok untukmu  apa lagi kalau kamu pencinta makanan pedas. Sajian ini juga sering menjadi makanan pendamping untuk makan nasi kuning bersama perkedel dan ayam goreng. Dalam buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Sajian Serba Telur" (2013) oleh Lilly T. Erwin, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, menjabarkan resep membuat telur balado. Berikut resepnya:

Resep Telur Balado

Bahan:

  • 5 butir telur bebek atau ayam
  • 3 sendok makan (sdm) minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:

  • 2 sdm bawang merah
  • 2 sdm bawang putih
  • 4 sdm cabai merah iris
  • 1 buah tomat cincang kasar
  • 1 sdm garam

Cara membuat telur balado:

  1. Pertama rebus telur atau telur bebek terlebih dahulu kemudian goreng telur. Langkah selanjutnya panaskan wajan dan tuangkan minyak untuk menumis.
  2. Tumis bumbu halus hingga wanggi, lalu masukkan telur yang sudah digoreng aduk rata dan tunggu hingga bumbu meresap. Lalu sajikan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Telur Balado, Lauk Pendamping Nasi Kuning Tumpeng", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/17/091200875/resep-telur-balado-lauk-pendamping-nasi-kuning-tumpeng.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm