Pakar kuliner William Wongso saat menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay
Pakar kuliner William Wongso saat menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay ( Dok. National Geographic)

Pakar Kuliner William Wongso Sebut Gordon Ramsay Mabuk dengan Bumbu Rendang

18 Agustus 2020 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Chef William Wongso sebut seorang Gordon Ramsay bisa mabuk jika melihat banyaknya jumlah bumbu yang digunakan ketika membuat rendang.

Seperti diketahui, William Wongso sempat membuat heboh dengan ditunjuknya dia sebagai pendamping Chef Gordon Ramsay di program dokumenter National Geographic pada Juni 2020.

Kepada Ashanty, William membanggakan tentang bahan rendang yang dia perkenalkan pada Gordon.

Sambil menghitung jumlah bumbu yang digunakan dan mencapai 15 macam, Chef yang mendapat julukan sebagai 'master rendang' itu menjelaskan bagaimana jumlah bumbu itu bisa membuat mabuk Gordon. 

"Kalau saya keluar negeri yang saya perkenalkan ini bumbu yang lengkap. Karena setiap nagari (desa) punya komposisi sendiri-sendiri, tapi ini yang lengkap," kata William dikutip dari vlog The Hermansyah A6, Selasa (18/8/2020).

"Dan yang bikin dia (Gordon) surprise, coba kamu bayangkan, ya, (15 bahan) buat chef kaliber seperti Gordon Ramsay lihat ini sudah mabuk," ucapnya lagi.

Mabuk yang dimaksudnya adalah meskipun dengan jumlah bumbu yang luar biasa banyak, ketika disajikan, rendang memiliki rasa, aroma yang lezat dan menyatu.

"15 rempah terus begitu selesai jadinya kok harmonis banget, harumnya. Karena tiap-tiap (bumbu) punya peranan," lanjut William. 

Menurutnya, daerah Sumatera Barat memiliki kualitas kelapa yang luar biasa, sehingga masakan yang mereka hasilkan juga nikmat.

Bukan hanya santan, cabai juga demikian, ketika dibiarkan meresap masuk ke dalam proses merandang, rasa pedasnya akan berubah menjadi seperti lada.

"Lebih pepperi dibanding pedes yang gosong di lidah," kata William.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "William Wongso Sebut Gordon Ramsay Mabuk Lihat Bumbu Rendang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/18/135714966/william-wongso-sebut-gordon-ramsay-mabuk-lihat-bumbu-rendang.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm