Ilustrasi
Ilustrasi ( ceklist.id)

Agar Tidak Mudah Lapuk Dan Rusak, Berikut Cara Menyimpan Saus Tiram

19 Agustus 2020 11:42 WIB

SonoraBangka.id - Bumbu cair yang menjadi andalan untuk masak sayur atau lauk tumis adalah saus tiram. Rasa umami yang nikmat pada masakan tercipta dari rasa gurih dan manis dari saus tiram. Ternyata saus tiram bisa digolongkan sebagai saus yang mudah rusak. Jika ditaruh pada suhu ruangan dalam waktu lama maka saus tiram akan mudah lapuk. Cara terbaik menyimpan saus tiram yang baru dibeli dikutip dari Eat By Date, adalah dengan menaruh di tempat sejuk dan tidak terkena matahari langsung. Saus tiram juga harus dijauhi dari peralatan panas di dapur seperti kompor, oven, atau rice cooker.

Saus tiram yang kemasannya belum dibuka dikutip dari The Spruce Eat, dapat bertahan sampai satu tahun jika disimpan dengan suhu yang tepat. Cara menyimpan saus tiram akan berbeda ketika kemasan sudah dibuka. Saus tiram dengan kemasan yang sudah dibuka harus disimpan di lemari es, sehingga dapat bertahan selama enam bulan. Sementara saus tiram kalengan harus dipindahkan ke stoples tertutup dan didinginkan di lemari es.

Kamu patut curiga ketika saus tiram sudah mengeluarkan bau menyengat dan ada banyak jamur yang bukan cuma di permukaan. Itu adalah tanda saus tiram tidak layak konsumsi.
Ciri-ciri saus tiram yang lama disimpan adalah warna, rasa, dan tekstur sudah berubah. Namun umumnya ciri saus tiram tersebut tidak berbahaya untuk dikonsumsi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Saus Tiram agar Tidak Mudah Lapuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/18/161300375/cara-simpan-saus-tiram-agar-tidak-mudah-lapuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm