Ilustrasi Teknik Sabayon
Ilustrasi Teknik Sabayon ( Tung Le / shutterstock)

Teknik Masak Sabayon, Matangkan Kuning Telur Tanpa Menggunakan Api

19 Agustus 2020 12:33 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang tentang teknik sabayon. Teknik masak ini sangat membantu untuk menghasilkan tiramisu nan nikmat. Chef Disy Ery Braswito selaku Chef De Pastry The Hermitage a Tribute Portfolio Hotel Jakarta, hadir pada sesi #MasakdiRumahAja di Instagram @kompas.travel, memperkenalkan teknik sabayon.

Sabayon secara singkat adalah teknik untuk membuat saus yang berasal dari kuning telor dan gula. Caranya adalah mematangkan telur ayam dengan uap air. “ Teknik Sabayon itu dari Prancis ya, jadi memasak di atas air yang mendidih, jadi wadahnya ditumpangkan di atas uap air, jadi tak langsung kena api,” jelas Chef Disy Ery Braswito kepada Kompas.com.

Cara matangkan kuning telur tanpa api

Sebelum dijadikan saus, kuning telur harus matang terlebih dahulu, tetapi tidak bisa langsung ditaruh di atas api karena telur akan terlalu matang dan teksturnya berubah. “Biasanya untuk mematangkan kuning telur, karena kan ada bakterinya,” tambah Disy. Uap air tidak langsung mengenai kuning telur, tapi berguna untuk memanaskan wadahnya.

Air harus mendidih tapi tak terlalu panas dan apinya tidak terlalu besar. Lalu ketika air mulai mendidih dan wadah kuning telur mulai panas, kuning telur bisa langsung diaduk selama 10 menit. “Airnya suhunya bisa mendidih kecil, bisa sampai 90 hingga 100 derajat celsius, lalu tetap diaduk,” papar Chef Disy. Pada saat menggunakan api yang besar dan air mendidih terlalu panas, telur akan over cooked. Sehingga kamu harus benar-benar memperhatikan panas dari air yang mendidih. Kuning telur dan gula bisa dicampur dengan rum, countru, atau dihidangkan dengan berries fruit. Teknik sabayon biasa digunakan dalam proses pembuatan tiramisu dan saus sabayon.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Teknik Masak Sabayon, Cara Matangkan Telur dengan Uap Air", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/18/200800075/mengenal-teknik-masak-sabayon-cara-matangkan-telur-dengan-uap-air.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm