Ilustrasi cara membersihkan pasir dari kerang.
Ilustrasi cara membersihkan pasir dari kerang. ( SHUTTERSTOCK/CHOPJAI PHOTO)

Berikut 4 Cara Membersihkan Kerang Dari Pasir Sebelum Memasaknya

20 Agustus 2020 06:59 WIB

SonoraBangka.id - Membersihkan pasir pada kerang adalah satu hal yang menjadi tantangan saat memasak kerang segar di rumah. Masakan kerang berpasir akan menurunkan kelezatan masakan jika pasir kerang tidak bersih sempurna. Mengapa kerang mengandung pasir? Kerang liar hidup di daerah yang berpasir dan selalu menyedot pasir bersamaan dengan sisa makanannya selama hidup. Jadi, perlu trik dalam membersihkan kerang. Berikut ini cara membersihkan kerang melansir dari The Kitchn dan Real Simple.

1. Pilih kerang yang bercangkang sempurna atau tidak retak

Pilih kerang yang  kamu beli cangkangnya masih utuh dan tidak retak. Lalu periksa apakah kerang masih hidup. Pastikan kerang yang  dibeli adalah kerang bagus yang mengandung sedikit pasir. Pertama, bilas kerang dengan air untuk menghilangkan kotoran pada cangkangnya. Ketuk cangkang kerang dan lihat reaksinya. Jika cangkang menutup tandanya kerang bagus, sebaliknya jika tidak bereaksi tandanya kerang tidak bagus.

2. Rendam dengan air dan tepung jagung atau lada

Penambahan tepung jagung atau lada hitam ke dalam air akan mendorong kerang untuk mengeluarkan pasirnya. Masukkan kerang ke dalam mangkuk dan isi dengan air dan tepung jagung atau lada. Biarkan selama kerang terendam selama 20 menit sampai satu jam.

3. Saring kerang dari air cucian menggunakan tangan

Langkah ini bertujuan agar endapan pasir yang ada di air tidak ikut terbawa. Setelah menggosok dan mencuci cangkang kerang, angkat kerang dari air bilasan terakhir menggunakan tangan.. Setelah bersih, kerang siap dimasak.

4. Rebus kerang untuk mengendapkan pasir

Cara menghilangkan pasir kerang selanjutnya adalah dengan merebus kerang. Saat direbus, pasir akan mengendap di dasar panci. Jika pasir sudah mengendap, angkat kerang tanpa mengaduk air rebusan agar pasir tidak kembali tercampur di kerang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Kerang dari Pasir, Perhatikan Sebelum Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/19/204000575/4-cara-bersihkan-kerang-dari-pasir-perhatikan-sebelum-masak?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm