Andra and The Backbone
Andra and The Backbone ( KOMPAS.com/Andi Muttya Keteng)

Pernah Jadi Jurnalis, Menulis Lagu Lebih Sulit Daripada Menulis Artikel

20 Agustus 2020 14:26 WIB

SonoraBangka.ID - Vokalis Andra and The Backbone, Dedy Lisan, mengaku lebih sulit menulis lagu dibanding menulis artikel.

Dedy yang pernah menjadi jurnalis meyakini kalau menulis lagu jauh lebih sulit karena ada banyak hal yang perlu dicocokkan.

"Menulis lagu itu jauh lebih sulit," kata Dedy dikutip dari YouTube Netmediatama, Rabu (19/8/2020).

"Karena kan mesti (berimajinasi), itu satu. Kedua harus mencocokkan nada kalimat di lagu dengan tulisannya, mungkin kata-katanya indah 'dinyanyiin enggak enak yo,'" ujarnya di vlog berjudul "Andra Punya Hobi yang Sama dengan Yoyo".

Secara pribadi, menurut Dedy yang pernah menjadi jurnalis salah satu majalah Hai itu, menulis lagu memang lebih sulit.

"Penulis lagu itu punya kesulitan yang menurut saya jauh lebih tinggi daripada menulis seperti yang pernah saya lakukan," imbuh Dedy.

Bahkan sadar akan betapa sulitnya menulis lagu, Dedy mengagumi sosok Andra, Ahmad Dhani, juga Yoyo yang bisa menciptakan lagu-lagu indah.

Rupanya hal itu diakui juga oleh gitaris Padi, Ari. Dia pernah suatu kali mencoba membuat lagu dan berakhir diserahkan pada Piyu.

"Waktu itu aku lagi patah jiwa, ambil gitar nyanyi-nyanyi dapat nada, 'saat kuterjebak dalam lingkaran,' berhenti, coba lagi 'lingkaran,' coba teruskan (diberikan ke Piyu)," ucap Ari yang disambut tawa Piyu, Andra juga Yoyo.

"Akhirnya PR nya di aku, jadi aku nanya sama dia apa sih, tentang apa sih ini, jadi baru aku bisa tahu, akhirnya aku terusin," ujar Piyu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pernah Jadi Jurnalis, Vokalis Andra and The Backbone Akui Tulis Lagu Jauh Lebih Sulit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/19/195253766/pernah-jadi-jurnalis-vokalis-andra-and-the-backbone-akui-tulis-lagu-jauh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm