Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan pengambilan sampel Swab terhadap para kontak NAH yakni para siswa kelas 5 SDN 6 Mendo Barat di Puskesmas Petaling, Jumat (21/08/2020).
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan pengambilan sampel Swab terhadap para kontak NAH yakni para siswa kelas 5 SDN 6 Mendo Barat di Puskesmas Petaling, Jumat (21/08/2020). ( Ist/ Boy Yandra)

Warga Petaling Positif Covid-19, Teman Satu Kelas Anaknya di Tes Swab

22 Agustus 2020 09:24 WIB

SonoraBangka.ID - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan Puskesmas Petaling melakukan swab terhadap 40 orang warga Kecamatan Mendo Barat, Kamis (21/8/2020).

Pengambilan sampel swab tersebut dilakukan setelah seorang jamaah mushola berinisial JN, warga Petaling yang merupakan ASN Dinas Pertanian Pemprov Babel terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, juga dilakukan pengambilan sampel swab terhadap teman satu kelas NAH yang merupakan anak dari JN.

"Selain itu hari ini, Jumat (21/08/2020) juga dilakukan pengambilan sampel Swab terhadap teman-teman satu kelas NAH, anak JN di Kelas 5 SDN 6 Kecamatan Mendo Barat yang melakukan kontak langsung dengan NAH sebanyak 30 siswa," ungkap Boy Yandra, Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Jumat (21/08/2020) sore.

 

Dari 30 siswa tersebut yang bisa diambil swab hanya 28 orang saja. Sedangkan sisanya 2 orang akan dilakukan besok, Sabtu (22/8/2020).

"Kita mengimbau kepada masyarakat yang merasa ada melakukan kontak langsung dengan JN dan istrinya S, anaknya NAH agar segera melaporkan kepada petugas Puskesmas Petaling guna memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19," kata Boy Yandra.

Disamping itu, sebagai upaya lain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, BPBD Kabupaten Bangka bekerjasama dengan Pemdes Petaling juga telah melakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan dilakukan tim ke rumah-rumah warga yang tinggal di sekitar rumah pasien JN dan mushola desa setempat.

"Dengan adanya kejadian ini yakni KBM di SDN 6 Mendo Barat diminta kepada para kepala sekolah dan guru-guru yang ada di Kabupaten Bangka jangan ada yang melakukan kegiatan KBM tatap muka dengan siswa di sekolah sebelum ada izin dari Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka," tegas Boy Yandra.

Ia menuturkan, hingga saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka ada 69 orang, dimana 61 orang dinyatakan sembuh dan 8 orang masih dalam perawatan dan karantina.

"Status Kabupaten Bangka saat ini masuk Zona Orange, kami juga mengimbau kepada para pengurus masjid agar jangan memasang dulu karpet dalam masjid agar bagian dalam masjid lebih mudah dibersihkan, juga meminta agar para jamaah selalu menggunakan masker dan menjaga jarak serta gunakan sajadah sendiri dari rumah," harap Boy Yandra.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Orang Tua Positif Covid-19, 28 Siswa SD di Kecamatan Mendo Barat Ini di Tes Swab

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm