Jumli Jamaludin
Jumli Jamaludin ( Dok. Bangka Pos)

Pemerhati Kebijakan Publik Sarankan Ada Koordinasi Terkait KBM Tatap Muka

22 Agustus 2020 20:58 WIB

SonoraBangka.ID - Terkait masih adanya Kabupaten/ Kota di Babel yang ingin menunda pelaksanaan belajar tatap muka, Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaludin, memberikan masukannya untuk pihak terkait.

Menurutnya, untuk menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah, maka perlu dilakukan koordinasi antara Dinas Pendidikan Babel dengan Disdikbud yang ada di kabupaten/kota.

"Seharusnya harus ada beberapa kabupaten/kota sudah masuk zona hijau atau kuning, namun untuk menyelenggarakan KBM tatap muka di sekolah harus ada koordinasi secara baik dengan setiap kabupaten dan kota agar dapat memberikan kesan yang positif kepada publik tentang pandemi Covid-19," tutur Jumli, Jumat (21/8/2020).

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk mengaktifkan kembali KBM di daerah zona hijau dan kuning juga harus dilakukan dengan membuat pemetaan permasalahan di setiap kabupaten/kota.

Hal itu dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan kewenangan Pemprov.

"Prinsipnya aktivitas KBM tatap muka di sekolah harus dibahas secara terpadu agar pelaksanaannya terkoordinasi dengan baik. Prioritas utamanya tentunya untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19," imbuhnya.

Ia juga berharap semua pihak duduk bersama-sama merumuskan langkah-langkah KBM tatap muka di sekolah tersebut.

Sehingga, bisa dicapai sinkronisasi dan kebijakan bersama secara komprehensif.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pengamat Publik Sarankan Ada Koordinasi Pelaksanaan KBM Tatap Muka

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm